Resmikan Bendungan Napun Gete di NTT, Jokowi: Kunci Kemakmuran di NTT adalah Air

Redaksi | 24 Februari 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bendungan Napun Gete di Provinsi Nusa Tenggara Timur siap beroperasi setelah pada Selasa, 23 Februari 2021, Presiden Jokowi meninjau sekaligus meresmikan.

"Saya sudah tidak bisa menghitung lagi berapa kali datang ke NTT. Setiap saya datang ke NTT, awal-awal, selalu yang diminta adalah bendungan. Permintaan itu adalah betul. Jangan minta yang lain-lain karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air. Begitu ada air, semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena di NTT ini juga sangat bagus untuk sektor peternakan," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan peresmian.

Bendungan Napun Gete yang diresmikan Presiden Jokowi ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah dan termasuk proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung hingga 11,22 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 99,78 hektare.

Dibangun mulai Desember 2016, bendungan ini memiliki manfaat untuk pengairan irigasi bagi kurang lebih 300 hektare sawah di sekitarnya. Juga dapat memberikan suplai air baku sebanyak 214 liter per detik bagi dua per tiga penduduk Kabupaten Sikka dan berpotensi menghasilkan daya listrik sebesar 0,1 megawatt.

"Kalau nanti satu per satu bendungan selesai, insyaallah dengan gubernur dan wakil gubernur yang baik, dengan bupati dan wakil bupati yang baik, memimpin rakyatnya, menggiring semuanya untuk produktif, saya yakin tidak lama lagi NTT akan makmur dan tidak menjadi provinsi yang kategorinya kalau di negara kita masih pada kondisi yang kurang," harap Jokowi.

Artikel ini disarikan dari laman presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait