Telusuri Varian Omicron dengan Testing dan Tracing Kasus Positif Perjalanan Internasional 

Redaksi | 3 Desember 2021 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Badan Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO) merekomendasikan upaya whole genome sequencing (wgs) di kawasan Asia Tenggara untuk mendeteksi keberadaan varian baru Covid-19 atau Omicron.

Prof. Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan hal ini telah dilakukan untuk spesimen pelaku perjalanan yang baru datang. Beberapa spesimen yang telah diambil dari pelaku perjalanan internasional yang sudah masuk Indonesia sejak pertengahan Oktober 2021.

"Sebagai satu kesatuan, tracing juga akan dilakukan sesuai prosedur yang ada, yaitu mendeteksi orang yang pernah berinteraksi dengan kasus positif yang datang dari luar negeri," ujar Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Kamis (2/12) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam upaya mencegah meluasnya penularan kasus di dalam negeri, pemerintah melakukan upaya penanganan dini dengan penelusuran kontak pasien positif Covid-19. World Health Organization sendiri mengkategorisasikan level transmisi virus Covid-19 menjadi 4 skenario epidemiologi. 

Pertama, kondisi tidak ada kasus. Kedua, kasus sporadik atau kondisi kemunculan suatu penyakit yang jarang terjadi dan tidak teratur pada suatu daerah. Ketiga, klaster atau kondisi kemunculan kasus yang berkelompok pada tempat dan waktu tertentu yang dicurigai memiliki jumlah kasus yang lebih besar daripada yang teramati. Keempat, transmisi komunitas atau kondisi penularan antar penduduk dalam suatu wilayah yang sumber penularannya berasal dari dalam wilayah itu sendiri yang terdiri dari tingkat satu sampai empat. 

Sumber: covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait