Puncak Kasus Covid-19 Varian BA.4 dan BA.5 Diprediksi Terjadi Bulan Juli

Redaksi | 17 Juni 2022 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di sejumlah negara termasuk Indonesia kasus Covid-19 mengalami peningkatan yang dipicu Omicron Varian BA.4 dan BA.5. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker. "Di luar bisa buka masker tapi begitu masuk di dalam kita harus tetap pakai masker, atau kalau di luar kerumunannya banyak pakai masker, atau kita merasa badan kita tidak sehat atau ada yang kita lihat duduk/berdiri di sebelah kita, walaupun di luar, batuk-batuk, kita tetap pakai masker," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/06), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Menkes terus memonitor perkembangan kasus COVID-19 global dan pola penyebarannya. "Kita amati di Afrika Selatan sebagai negara pertama yang (varian) BA.4 dan BA.5 masuk, puncaknya itu sepertiga dari puncaknya Omicron atau Delta sebelumnya. Jadi kalau kita Delta dan Omicron puncaknya di 60 ribu kasus sehari, kira-kira nanti estimasi berdasarkan data di Afrika Selatan mungkin puncaknya kita di 20 ribu per hari," ujarnya.

Dengan kasus konfirmasi harian sekitar seribu kasus per hari, Indonesia saat ini masih berada pada level 1. Standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk kasus konfirmasi level 1 adalah maksimal 20 kasus per minggu per 100 ribu penduduk. "Kalau di-translate untuk penduduk Indonesia sekitar 7.700 per hari. Jadi itu adalah level threshold pertama di mana level transmisi berdasarkan WHO Indonesia akan naik ke level 2," ujarnya.

Menkes menyebut, puncak kasus varian BA.4 dan BA.5 diprediksi terjadi pada bulan Juli mendatang. "(Puncaknya) satu bulan sesudah diidentifikasi, jadi sekitar minggu ke-3-minggu 4 Juli, dan kemudian nanti akan turun kembali."

Pemerintah akan terus memonitor ketat gelombang varian BA.4 dan BA.5 tersebut. "Tapi yang kita perlu lihat adalah bahwa fatality rate-nya atau kematiannya itu jauh lebih rendah, mungkin seperduabelas atau sepersepuluh dari Delta dan Omicron," tegas Menkes.

Sumber: setkab.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait