Cuaca di Arab Saudi Sangat Panas, Kaki Jemaah Haji Bisa Melepuh Bila Tak Pakai Sandal

Redaksi | 19 Juni 2022 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini Cuaca di Arab Saudi sangat panas dengan suhu mencapai 46 derajat celsius. Kondisi ini menyebabkan lantai halaman Masjid Nabawi juga terasa panas, bisa menyebabkan kaki jemaah haji melepuh jika tidak mengenakan sandal atau sepatu.

Salah satu jemaah haji Indonesia asal Banda Aceh ikut merasakan dampak panasnya cuaca. Wanita paruh baya itu terduduk lemas saat ditemui dokter yang tergabung dalam pemberi Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (P3JH), dr Fachrurrazy Basalamah, di halaman Masjid Nabawi.

Sang dokter langsung tanggap melihat kondisi lemas dan kesakitan yang dirasakan jeamah akibat kakinya. Dia terlihat sigap mengangkat jemaah haji itu dan mendudukannya di kursi roda. Telapak kaki jemaah terlihat melepuh dan kemerahan. 

"Jemaah mengalami luka bakar derajat dua. Ini derajat luka bakar tingkat sedang yang terjadi pada lapisan kulit lebih dalam dari epidermis. Ditandai dengan kulit memerah, terasa sangat perih, terutama ketika disentuh," ujar dr. Fachrurozy Basalamah di Madinah, Sabtu (18/6/2022). "Muncul lepuhan beberapa jam setelahnya, dan luka terasa sensitif dan menjadi pucat bila ditekan," sambungnya. 

Dokter Fachrurozy segera melakukan penanganan awal dengan menyiramkan area luka dengan air dingin dan air Zamzam. Setelah itu, dia mengoleskan salep luka bakar, serta dibalut kasa. "Meskipun luka bakar derajat dua tidak membutuhkan operasi maupun bedah, namun tetap harus ditatalaksana dan diperhatikan dengan serius agar luka tidak semakin parah dan jemaah dapat melanjutkan aktivitasnya," tandasnya.

Sumber: Kemenag.go.id.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait