Dua Program Jurnalistik di 2 Stasiun TV Dapat Teguran Kedua dari KPI

Redaksi | 7 Oktober 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua program siaran jurnalistik di dua Stasiun TV, Ragam Perkara TV One dan Primetime News Metro TV, mendapatkan  sanksi teguran kedua dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Kedua program ini dinilai tidak memperhatikan prinsip-prinsip jurnalistik dan ungkapan kasar yang terdapat dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Prinsip tersebut terkait aturan tidak menonjolkan unsur kekerasan dalam siaran pemberitaan. Demikian ditegaskan KPI Pusat dalam surat teguran untuk kedua program siaran yang sudah dilayangkan ke TV One dan Metro TV. Adapun pelanggaran ditemukan KPI dalam program siaran Ragam Perkara tvOne tanggal 8 September 2022 pukul 15.41 WIB. Dalam tayangan terdapat muatan pemberitaan tentang kericuhan pada saat dilakukan eksekusi rumah di Jakarta. Dalam pemberitaan itu, terdapat umpatan "an**ng lo, b**i lo" yang diucapkan seorang pria saat terjadi kericuhan. Muatan serupa juga ditemukan pada program siaran Ragam Perkara Recorded tanggal 12 September 2022 pukul 03.50 WIB.

Sementara pelanggaran dalam program siaran Primetime News Metro TV ditemukan pada tanggal 5 September 2022 pukul 18.57 WIB. Terdapat muatan pemberitaan tentang Ricuh Penukaran Tiket Laga Persib yang di dalamnya ada umpatan "an**ng" yang diucapkan seorang pria saat kericuhan berlangsung. Muatan umpatan yang serupa juga ditemukan pada program yang sama di tanggal 1 September 2022 pukul 17.35 WIB.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi, menyatakan bentuk pelanggaran seperti ini tidak akan ditolerir karena segala bentuk kata-kata kasar dan umpatan dalam siaran tidak boleh dimunculkan baik dalam bentuk verbal maupun tulisan. "Peran aktif editing dan self sensorship internal masing-masing redaksi pemberitaan setidaknya akan meminimalisir pelanggaran seperti ini. Dalam aksi demontrasi dan kerusuhan hal seperti ini seringkali muncul. Kecermatan editor sangat dibutuhkan karena pemberitaan seringkali mengedepankan kecepatan tayang. Jika ada gambar atau kata yang tidak pantas dapat dipotong atau diblur," jelas Mulyo Hadi.

Mulyo berharap Metro TV dan TV One dapat melakukan perbaikan internal agar kejadian serupa tidak terulang.

Sumber: KPI.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait