Penunggak Pajak Mobil Mewah, dari Pengusaha, Politikus Sampai Artis

TEMPO | 15 Januari 2018 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gubernur Anies Baswedan kecewa dengan pemilik mobil mewah yang belum membayar pajak. “Jangan di Jakarta mencari keuntungan ekonomi, tapi tidak mau membayar pajak. Kami akan kejar,” kata Anies pada Sabtu, 13 Januari 2018. Sampai Desember 2017, sebanyak 744 unit kendaraan pribadi dengan harga di atas Rp 1 miliar yang belum membayar pajak. Nilai tunggakan pajaknya sekitar Rp 26,1 miliar.

Selain itu, ada 549 unit kendaraan mewah yang terdaftar atas nama perusahaan atau badan, yang juga menunggak pajak sekitar Rp 18,8 miliar. Angka itu menjadi bagian dari tunggakan pajak kendaraan bermotor selama lima tahun  yang mencapai Rp 1,6 triliun; di mana 25 persen berasal dari tunggakan pajak mobil mewah.

Kendaraan mewah dengan kepemilikan pribadi yang menunggak pajak didominasi Mercedes-Benz. Sebanyak 210 unit dengan nilai total tunggakan Rp 6,6 miliar. Siapa pemilik mobil mewah yang belum membayar pajak di DKI pada tahun 2017?  Koran Tempo edisi Senin 15 Januari 2018, mencatat kebanyakan kalangan pebisnis. Tapi ada juga pejabat pemerintahan, politikus, kepala daerah, hingga selebriti.

Mereka menunggak pajak dengan nilai berkisar dari Rp 3 juta (pemilik mobil merek Xuzhou tipe QY 50 K) hingga lebih dari Rp 313 juta pemilik mobil Mercedes-Benz tipe S 500 AT. Beberapa nama bahkan ditemukan menunggak pajak lebih dari satu unit mobil mewah.

Beberapa nama yang berhasil dikonfirmasi adalah anggota DPR Sufmi Dasco Ahmad. Dia terungkap belum membayar pajak mobil mewah merek Land Rover tipe RR SP30V6 Autobio AT dengan nomor polisi B-0710-SDC. Pajak yang belum dibayarkannya sebesar Rp 55,7 juta. Adapun nilai jual kendaraan itu mencapai Rp 1,6 miliar.

Sufmi membenarkan memiliki mobil tersebut dan belum menunaikan kewajiban membayar pajak. “Terima kasih sudah diingatkan,” ujar Sufmi kepada Tempo melalui telepon, Minggu, 14 Januari 2018.

Sufmi lupa membayar pajak lantaran mobil mewah miliknya itu rusak dan tak disimpan di rumahnya. Dia pun mengatakan akan segera melunasi pajaknya. “Mungkin ada cacat produksi. Jadi, jarang dipakai dan ditaruh di tempat teman,” dia menambahkan.

Nama lain penunggak pajak mobil mewah adalah Gatot Brajamusti, mantan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia yang kini terdakwa kasus narkoba, kepemilikan senjata api ilegal dan satwa langka, serta pencabulan. Dari daftar nama yang dimiliki Tempo, Gatot diketahui belum membayar pajak sebesar Rp 38,2 juta atas kepemilikan mobil Jaguar tipe XJL5.0 S/C V8 bernilai jual Rp 2 miliar. Achmad Rifai, pengacara Gatot, mengaku tak tahu-menahu tentang mobil mewah kliennya tersebut. “Beliau enggak pernah cerita,” ujar Achmad.

Nama lain dari kalangan selebriti adalah Christian Sugiono, suami aktris Titi Kamal. Dari data tersebut, Christian belum membayar pajak mobil mewah Porsche Cayman tipe 2.9 AT sebesar Rp 41 juta. Namun Christian menolak memberikan konfirmasinya kemarin. “Tolong kasih waktu hingga besok hari kerja, Senin, 15 Januari 2018, setelah jam makan siang, untuk kita konfirmasi ulang, ya. Terima kasih,” ujarnya menjelaskan pajak mobil mewah.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait