Pengamat Ini Menyebut Gatot Nurmantyo Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019

TEMPO | 25 April 2018 | 12:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bisa menjadi kuda hitam jika mendapatkan tiket maju Pemilihan Presiden 2019, menurut Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda.

"Memang sejauh ini elektabilitas Gatot masih di bawah Jokowi (Joko Widodo) dan Prabowo Subianto, tapi bisa menjadi kuda hitam," kata Hanta di Jakarta, Selasa, 24 April 2018.

Hanta berpendapat, elektabilitas Gatot masih dapat dikerek setelah mendapatkan partai yang mau mengusungnya. Gatot, katanya, bisa mendapatkan tiket jadi capres jika terbentuk poros ketiga atau ada kubu yang menunjuknnya maju Pilpres 2019. "Tergantung komunikasi politiknya," ucapnya.

Tak hanya Gatot Nurmantyo, Hanta juga menyebutkan nama lain yang berpeluang menjadi capres adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono, anak ketua umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Sosok baru yang akan maju capres, kata Hanta, sedikitnya harus memenuhi tiga syarat untuk menang, yaitu elektabilitas, akses ke partai, dan logistik. "Soal kemampuan itu urusan setelah menang. Kalau dia punya itu (tiga syarat), ada peluang," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait