Ifan Seventeen Ungkap Perasaannya Jadi Imam Salat saat Umrah

Christiya Dika Handayani | 14 Mei 2019 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Momen Ramadhan dimanfaatkan Ifan Seventeen dengan menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci. Lewat Instagramnya, pemilih nama asli Riefian Fajarsyah ini pun rajin membagikan cerita perjalanan ibadahnya.

Vokalis band Seventeen itu menceritakan pengalamannya saat menjadi imam di salah satu masjid di luar Makkah. Di unggahannya, Ifan Seventeen memperlihatkan foto dan video suasana di dalam masjid setelah ia mengimami.

Kejadian ini bermula saat Ifan dan adiknya terlambat sampai di masjid. Ifan Seventeen pun segera mengambil posisi untuk salat Isya susulan hanya berdua. Namun tiba-tiba satu orang Arab menyusul dan mempersilahkan Ifan untuk menjadi imam.

"Ya Allah ya Tuhanku, betapa besar nikmat yang Kau berikan pada hambaMu yang fakir ilmu ini ya Allah. Jadi ceritanya mau ambil miqot di Mesjid Tana’em untuk umroh yang ke 4 kalinya di keberangkatan umroh kali ini. Dari hotel jam 20.00 malem dengan estimasi begitu sampe bisa sekalian solat Isya disana, tapi karna macet pas sampe mesjid pas pula imamnya selesai mengucapkan salam," tulis Ifan Seventeen di keterangannya, Minggu (12/5).

"Jadilah aku dan adik ipar @luhurkusuma siap ambil posisi dibelakang buat solat isya susulan berjama’ah, berdua doang. Ada 1 orang arab nyusul sebenernya, pas aku persilahkan jadi imam, dia pula nyuruh balik. Dengan perkiraan cuma punya 2 makmum, bismillah jadi imam," lanjutnya.

Di luar perkiraan, Ifan Seventeen yang mengira hanya dua orang yang ikut sholat bersamanya namun justru dibuat terkejut saat banyak orang yang mengamini Al-Fatihah yang dibacanya. Ternyata, jamaah yang menjadi makmum dalam salat yang dipimpin Ifan melebihi yang ia duga.

Hal itu pun sempat membuat Ifan Seventeen gugup sekaligus terharu. Pasalnya, ini merupakan pengalaman pertama Ifan menjadi imam salat dengan banyaknya makmum yang bekisar 50 orang.

"Dimulai dengan Al-Fatihah, tapi begitu sampe dibagian 'Aminnnn' kenapa jadi rame bangettt suaranya. Agak sedikit gugup, terharu, takut salah, akhirnya mengucap bismillah dalam hati aku lanjutin dengan surat Al-Ikhlas (surat pendek biar aman)," ungkap Ifan.

"Begitu salam masyaAllah kaget banget ngeliat jamaah dibelakangku ada kali 5 shaf kebelakang, dengan perkiraanku 1 shaf sederet 50 orangan. Ini pertama kalinya aku jadi imam solat dengan jamaah sebanyak itu, dan bukan orang Indonesia, dan mesjidnya ditanah suci. Ya Allah terima semua amal ibadah solat Isya kami tadi ya Allah," pungkas Ifan Seventeen.

(dika/ari)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait