Ringgo Agus Rahman Kenalkan Gaya Hidup Tanpa Plastik kepada Anaknya

TEMPO | 19 Mei 2019 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ringgo Agus Rahman memperkenalkan gaya hidup tanpa plastik kepada anak semata wayangnya, Bjorka Dieter Morscheck. Meski masih berusia 3 tahun, sang anak sudah mengerti tentang cara melindungi alam dengan mengurangi penggunaan plastik.

Dalam acara yang bertajuk ‘Sayonara, Kantong Plastik’, Ringgo pun membagikan pengalamannya. Ia mengatakan bahwa cara terbaik yang dilakukannya bersama sang istri, Sabai Morscheck, ialah memberi contoh. Sebab, pada usia yang masih kecil, anak-anak sangat gemar untuk meniru orang-orang disekitarnya.

“Dari Bjorka kecil, kami selalu mencontohkan kebiasaan yang baik. Dan pasti teman-teman enggak asing dengan anak-anak yang tiba-tiba ngikutin gaya orang tertentu kan? Seperti itulah anak. Jadi enggak bisa kita paksaan. Yang bener dicontohin,” katanya pada 17 Mei 2019.

Mengenai penggunaan plastik sendiri, Ringgo mulai memperkenalkan anak dengan kebiasaan keluarga. Salah satunya ialah membawa tote bag atau tas berbahan kanvas saat berbelanja. Dalam hal ini, setidaknya dua tas belanja selalu dibawa Ringgo dan istri dari rumah. Sehingga suatu saat, ketika Bjorka ikut pergi, ia pun bahkan mengingatkan orang tuanya untuk tidak lupa membawa tas sendiri.

“Aku dan istri kaget banget. Waktu itu kita mau keluar rumah. Istri udah siapkan dua tas tapi mungkin Bjorka enggak lihat. Jadi pas udah mau meningggalkan rumah, dia tau-tau bilang ‘ma tasnya belum’,” katanya.

Saat itu, Ringgo dan istri pun sadar bahwa dampak dari gaya hidup yang baik itu benar-benar dicontohkan oleh anaknya. Sehingga, ia akhirnya terus memberikan contoh yang tak hanya dari segi penggunaan plastik saja, namun juga hal-hal penting lainnya seperti mencuci tangan sebelum makan.

“Sekarang tidak pakai dicontohin lagi. Bjorka sebelum makan pasti cuci tangan dulu. Walaupun kita memang belum jelasin detail kenapa penting untuk cuci tangan, kenapa penting untuk enggak pakai plastik, tapi setidaknya dia melakukan hal yang baik dulu. Dengan berjalannya waktu, nanti pasti akan kita jelasin pelan-pelan,” katanya.

Sebagai orang tua, Ringgo Agus Rahman pun sangat bangga dengan apa yang telah anaknya lakukan. Ia pun berpesan agar para orang tua juga memberikan contoh yang baik untuk anaknya.

“Bangga banget pasti. Makanya aku hadir disini untuk jadi saksi. Kalau aku bisa memberi contoh yang baik seperti mengurangi penggunaan plastik sama anakku, pasti orang tua lain juga bisa,” katanya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait