Peduli Lingkungan, Kunto Aji Ikut Menanam Pohon di Candi Ratu Boko

Ari Kurniawan | 13 November 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kunto Aji Ikut sangat senang terlibat dalam aksi penamaman pohon di Candi Ratu Boko, Yogyakarta, Selasa (12/11). Kegiatan yang diberi nama Candi Sadar Lingkungan ini diselenggarakan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Kunto Aji bersama ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di wilayah Yogyakarta menanam ribuan tanaman perdu dan juga semak berbunga di kawasan situs purbakala tersebut. "Hari ini saya ikut kegiatan menanam pohon bersama dengan Djarum Foundation, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan," ujar Kunto Aji, di sela acara. 

Kunto Aji tidak perlu berpikir panjang menerima tawaran untuk ambil bagian. Sebab, menurut penyanyi jebolan Indoesian Idol tersebut, kegiatan semacam ini sangat penting dilakukan. Selain aspek keindahan, keberadaan pohon juga untuk menjamin ketersediaan oksigen. "Penting banget sih, karena sekarang isunya pemanasan global dan lain-lain. Memang isu yang sempat terlewatkan di satu generasi. Generasi kita yang harus merubahnya," lanjut Kunto Aji. 

Dua tahun belakangan, Kunto Aji mengaku mulai mendisiplinkan diri untuk menjaga lingkungan. Dimulai dari hal-hal kecil, seperti mengurangi penggunaan botol dan sedotan plastik. "Kalau di saya mungkin kecil, tapi ketika itu diakumulasi, semakin banyak orang yang tidak menghasilkan sampah plastik, pastinya akan lebih baik untuk bumi kita," tugasnya.

Sementara itu Vice President Director Djarum Foundatio, FX Supanji, megatakan kegiatan kegiatan Candi Sadar Lingkungan merupakan bagian dari program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Geraka Siap Darlin mengajak generasi muda milenial untuk tidak sekadar peduli, tapi terlibat lagsung dalam melakukan aksi nyata.

"Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan sejarah bangsa Indonesia serta menularkan kebiasaan baik ini di masyarakat luas. Harapan jangka panjang adalah Langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan," ungkap FX Supanji. 

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini, FX Supanji berharap Situs Ratu Boko dan Candi Ijo bisa menjadi kawasan situs sejarah yang teduh, asri, dan semakin cantik, sehingga menarik lebih banyak wisatawan.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait