Edho Zell Pamit dari YouTube, Video Pamungkasnya Trending 

Indra Kurniawan | 21 Juni 2021 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hampir 15 tahun berkiprah sebagai YouTuber, Edho Zell mengunggah video ucapan selamat tinggal dari YouTube. Tak sedikit penggemarnya sedih dan merasa kehilangan.

Edho Zell salah satu pembuat konten YouTube generasi awal. Memulai YouTuber 24 November 2006 ketika platform ini belum menjadi lahan subur dan banyak peminat seperti sekarang, Edho awalnya membuat video lucu terinspirasi video lipsync Sinta dan Jojo untuk lagu "Keong Racun".

Mendapat respons datar di awal-awal berkiprah, kini kanal YouTube pria kelahiran Jakarta, 10 Juli 1991 telah memiliki 3,86 juta subscribers. Total sampai Jumat (18/6), ia sudah membuat 1.000 video, dengan video terakhir berjudul "Goodbye YouTube".

Dalam video berdurasi 4 menit 43 detik itu tak ada penjelasan atas maksud pemberian judul tersebut. Video itu berisi potongan singkat gabungan dari beberapa video yang ia buat selama 12 tahun berkiprah sebagai YouTuber. 

"12 tahun, 1000 video. Saatnya kita berpisah," tulis penggagas Warteg Gratis di kolom deskripsi unggahan video tersebut. 

Hanya dalam 3 hari, video yang menempati peringkat 40 trending sudah dilihat sebanyak 656 ribu kali dan mengumpulkan 11 ribu komentar. Mereka yang berkomentar kebanyakan mengucapkan selamat tinggal kepada Edho dan berterima kasih atas inspirasi yang diberikan lewat video-video di kanalnya. 

"Terima kasih untuk Ko Edho selama ini yang menemani masa kecilku dengan parodi mu dan segala konten Ko Edho. Sukses terus Ko Edho," ucap salah satu penggemar Edho di kolom komentar. 

"Ya ampun sedih banget. LEGEND NEVER DIE," kata netizen lain. 

Entah itu video benar pamit atau video pengantar menuju video berikutnya. Namun Edho sendiri secara tersirat pernah menyampaikan keinginan mundur dari YouTube. Dia melihat YouTube sekarang sekadar bisnis dan semata mengejar uang.

"Sebenarnya saya juga sudah mau berhenti sejak lama," ujar Edho Zell di kanal YouTube-nya pada 29 Juni 2020. 

"YouTuber besar minta bayaran untuk kolaborasi puluhan juta sama YouTuber kecil. Kayak, 'Ya udahlah dia kan memang sudah besar’, (tapi) enggak make sense buat saya," lanjutnya. 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait