Viral Giring Ganesha Dikeluarkan dari Kampus yang Pernah Dipimpin Anies Baswedan, Begini Responsnya

Indra Kurniawan | 29 Desember 2021 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pernyataan eks vokalis Grup musik Nidji yang kini menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, Giring Ganesha dalam pidato HUT PSI ke-7 baru-baru ini berbuntut panjang. Nama Giring hari ini, Rabu (29/12) ramai dibicarakan di jagat Twitter setelah viral status kuliahnya yang drop out dari Universitas Paramadina Jakarta.

Giring dalam pidatonya HUT PSI ke-7 mengatakan bahwa masa depan Indonesia akan suram apabila Presiden yang terpilih ke depan punya rekam jejak menghalalkan segala cara dan isu SARA untuk menang dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada. Dia kemudian menyinggung sosok pembohong yang pernah dipecat Jokowi dalam pemerintahan.

"Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong dan juga yang pernah dipecat oleh Pak Jokowi, karena tidak becus bekerja," kata Giring dikutip dari unggahan YouTube Partai Solidaritas Indonesia.

Giring memang tidak secara gamblang menyebut nama pembohong yang dimaksud. Namun diduga kuat sosok yang dimaksud adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Publik tampaknya tak tinggal diam. Sejak itu Giring menjadi bulan-bulanan di jagat media sosial. Puncaknya diviralkan status pendidikan Giring di Universitas Paramadina.

Pada tangkapan layar PDDikti terlihat status Giring merupakan mahasiswa pindahan. Namun ia 'dikeluarkan' dari Universitas Paramadina program studi Ilmu Hubungan Internasional. Anies sendiri memiliki keterkaitan dengan Paramadina. Ia pernah menjabat sebagai rektor dan dosen tetap di sana.

Giring melalui akun Instagramnya akhirnya angkat bicara. Ia mengaku sepanjang kuliah di sana, " Tidak pernah bertemu langsung dengan Mas Anies." Menurut Giring, saat dia masuk Paramadina pada 2002, "Rektor kami adalah almarhum Dr Nurcholish Madjid atau Cak Nur. Ketika Cak Nur wafat saya sempat mengantarkan beliau ke pemakaman."

"Jadi ketika Mas Anies menjadi rektor saya sudah tidak lagi aktif di kampus. Dan fokus saya membangun Nidji waktu itu," jelas Giring yang hengkang dari Nidji pada 2017 untuk mencalonkan diri menjadi anggota DPR.

Anies Baswedan seperti diketahui dilantik menjadi rektor Paramadina pada 2007. Dia merupakan rektor termuda yang pernah dilantik oleh sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia. Saat menjadi rektor usia Anies baru 38 tahun. Giring sendiri keluar dari kampus Paramadina pada 2011.

(ind)

 

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait