Nino Fernandez Bersyukur Tinggal di Indonesia, Salah Satu Surga Kopi di Dunia

Wayan Diananto | 3 Juni 2018 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sukses merintis bisnis kedai kopi membuat Nino Fernandez (34) dijuluki coffee master.

Mendengar sebutan ini, bintang film 99 Cahaya di Langit Eropa itu terbahak. Sebagai pencinta kopi, ia merasa perlu belajar lebih banyak soal kopi.

“Saya belum layak disebut coffee master. Kecintaan saya terhadap kopi lebih sederhana dibandingkan rumitnya orang mendefinisikan kopi. Alur kopi dalam pandangan saya sesimpel biji kopi dipanen, dijemur, disangrai, digiling, lalu diseduh. Sesederhana itu,” ungkap Nino ketika berkujung ke kantor Bintang, di Jakarta Selatan, minggu lalu.

Nino bersyukur tinggal di Indonesia. Indonesia salah satu surga kopi di dunia. Cita rasa kopi yang dihasilkan setiap pulau di Tanah Air berbeda. Dua perkebunan kopi di satu pegunungan bahkan bisa menghasilkan dua cita rasa kopi berbeda.

Kopi, kata Nino, ibarat perusahaan mobil yang mengeluarkan beberapa variasi. “Ada mobil keluarga dan mobil keluarga kelas atas. Berbeda bentuk dan karakter tapi tetap satu payung. Kalau belum pernah naik mobil keluarga kelas atas, kita akan kesulitan membandingkannya dengan mobil keluarga reguler dari perusahaan yang sama. Kopi pun demikian. Jadi, kita harus sering mencoba,” Nino berpendapat. 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait