Gogon Membangun Rumah Besar Secara Bertahap, Dimulai dengan 2 Juta Rupiah

HOME.CO.ID | 5 Juni 2018 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semasa hidup pelawak Gogon yang meninggal dunia pada Selasa (15/05/2018) lalu, membangun sebuah rumah megah sekaligus unik di kampung halamannya, Boyolali, Jawa Tengah.

Rumah almarhum Gogon di Boyolali, Jawa Tengah itu berukuran 3.500 meter persegi. Kediaman Gogon ini dinamainya dengan sebutan Istana Kerajaan. Meski tak mirip istana, rumah ini memang diharapkan bisa menjadi istana bagi Gogon dan keluarganya.

Ada cerita menarik kenapa Gogon membangun rumah yang unik. Keinginan memiliki rumah seperti istana ternyata berawal dari kisah masa lalu Gogon. Satu ketika ibunya kedatangan tamu. Waktu itu sang tamu hendak ke kamar kecil dan ingin melihat kamar tidur. Tapi karena rumah zaman dulu, kamar kecil berada di luar, kamar tidur pun tidak disekat, sehingga terekspos dari seluruh area rumah. 

Peristiwa itu menumbuhkan keinginan Gogon untuk satu saat membuat rumah yang besar, kamarnya banyak dan setiap kamar ada kamar mandinya. "Sejak peristiwa tamu ibu itu, saya bertekad membuat rumah dengan kamar yang banyak. Jadi ada tamu bisa memilih mau tidur di mana," ujar Gogon.

Saat karier mencapai puncak, Gogon tidak menyia-yiakan kesempatan tersebut. Intensitas kerja dan waktu pentas yang lebih banyak menjadi berkah tersendiri baginya. Pada 1997 rumah lama dibongkar dan pembangunan dimulai dengan modal Rp.2 juta. 

Uang sebesar itu dibelikan 2.000 batu bata, bahan bangunan lain, 4 kusen dan biaya tukang. Pembangunan pun mengikuti pemasukan Gogon sebagai pelawak. Setiap kali honor manggung dibayar, maka pembangunan dilanjutkan. Ketika sedang sepi job dan material habis, pembangunan juga berhenti sementara. 

"Prinsip kerjanya saat itu, ada uang maka pembangunan berjalan. Saat material dan uang sedang tidak ada, ya berhenti dulu sementara," kisah Gogon.

Home.co.id

Penulis : HOME.CO.ID
Editor: HOME.CO.ID
Berita Terkait