Maia Estianty Senang Dul Sekarang Sudah Mandiri

Yohanes Adi Pamungkas | 6 September 2018 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kamis (30/8), menjadi hari tak terlupakan bagi Maia Estianty (42). Meski datang terlambat karena menembus jalanan Jakarta yang macet, Maia hadir di peluncuran lagu perdana anak ketiganya, Abdul Qodir Jaelani (18) alias Dul, berjudul “Taklukkan Dunia”. 

Malam itu di ruang auditorium Institut Francais d'Indonesie (IFI) yang berada di kawasan Kedutaan Besar Prancis, Dul mengenakan setelan jas dan celana warna putih. Ia melantunkan tembang milik Ahmad Band, “Aku Cinta Kau dan Dia” yang populer pada 1998. Maia yang malam itu ditemani asistennya memasuki ruangan saat Dul selesai bernyanyi. Ia duduk di barisan belakang.

Maia kemudian mendekati panggung saat ketiga anaknya menyanyikan salah satu hit milik Dewa 19, “Larut.” Dul secara khusus mengajak Al dan El naik ke atas panggung menemaninya. Maia mengabadikan momen kebersamaan Al, El, dan Dul itu. 

Single “Taklukkan Dunia” menandai keseriusan Dul dalam bermusik. Tahun 2014, setelah kasus hukum yang melandanya selesai, Dul menegaskan tidak mau lagi bergabung dengan Republik Cinta Manejemen (RCM), perusahaan rekaman yang didirikan ayahnya, Ahmad Dhani. Sebelumnya karier Dul dipayungi RCM, ia menjadi basis grup musik The Lucky Laki. 

“Saya keluar dari RCM bersamaan dengan keputusan saya untuk tinggal bersama Bunda Maia di rumahnya, di Pejaten,” kenang Dul kepada Bintang di Jakarta, pekan lalu. 

Tinggal bersama Maia membuat semangat bermusik Dul berkobar. Ia sempat membentuk grup musik Back Door dan berencana merilis album bersama perusahaan rekaman milik Maia, Le Moesiek Revole. Bukannya membantu, Maia malah menolak permintaan Dul. 

“Bunda takut saya menjadi manja. Dia mau saya belajar dan berproses menjadi musisi dari nol,” kata Dul yang akhirnya tidak melanjutkan pembuatan album Back Door. Tak patah semangat, Dul menulis lagu sendiri dan teken kontrak dengan perusahaan rekaman 401. 

Kegigihan Dul Jaelani merintis karier membuat Maia kagum. Dul, kata Maia, tak meminta bantuan orang tua selama mengejar mimpi menjadi musisi.

“Saya senang Dul sudah mandiri sekarang. Kalau anak saya pegangi terus, kapan mandirinya? Kalau ikut saya terus, dia enggak akan tahu susahnya merintis karier,” beri tahu Maia.

Meski melepas Dul Jaelani bukan berarti mantan personel Ratu tidak memberikan nasihat. Apalagi, dari ketiga putranya hanya Dul yang menjadi musisi. “Saya sudah pensiun menjadi musisi dan Dul meneruskan perjalanan saya,” ungkap bintang film Kata Maaf Terakhir.

(han / gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait