Rommy Tjandra, Lepas Direktur Restoran Jepang untuk Bisnis Warteg Kekinian

Yohanes Adi Pamungkas | 10 Februari 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berawal dari sering makan di warteg (warung tegal), Rommy Tjandra (35) mendirikan warteg kekinian yang diberi nama Wahteg. Melihat peluang usaha yang dirintis sejak November 2018 itu besar, ia berencana mengepakkan sayap bisnis ke kota-kota besar lainnya di Tanah Air. 

Rommy direktur sebuah restoran Jepang di Indonesia. Setelah bekerja sekian tahun, ia akhirnya memutuskan mengundurkan diri untuk merealisasikan mimpinya berbisnis kuliner.

“Ada yang bilang saya ini bodoh. Tapi saya senang mencari tantangan dan ingin dikenal menjadi pelopor,” kata Rommy saat ditemui Bintang di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, pekan lalu. 

 Tidak lama, Rommy mendatangi beberapa warteg di Jakarta. Ia tidak hanya mencicipi hidangan di sana melainkan melihat cara pelayanan, bentuk bangunan hingga menu-menu andalan yang disajikan. Selain di Jakarta, ia beberapa kali menyambangi Kota Tegal, Jawa Tengah, untuk melakukan survei.

“Di Tegal namanya warung makan bukan warteg. Sama dengan di Jakarta, saya mencari tahu menu-menu andalan warung makan di Tegal. Banyak menu baru yang enggak dijual di warteg Jakarta. Lalu kenapa bangunan warteg didominasi warna hijau? Warna hijau itu melambangkan kemakmuran dan rezeki yang lancar,” terang Rommy.

Mendapat gambaran soal warteg, ia mulai merealisasikan keinginannya untuk berbisnis kuliner hingga tercetus nama Wahteg.

“Wahteg itu seperti pelesetan warteg yang wah karena memakai pendingin ruangan, menyediakan layanan wifi, desain bangunan instagramable, pelayanan mirip dengan restoran, dan makanan bisa dibeli melalui aplikasi makanan daring,” jelas Rommy. 

Nilai-nilai budaya warteg tradisional yang sudah melekat di masyarakat ditegaskan Rommy tetap ada di wahteg. Mulai dari bangunan berwarna hijau, memiliki 2 buah pintu di bagian depan, hingga bahan-bahan makanan yang langsung dikirim dari Tegal.

“Untuk harga makanan cukup terjangkau meskipun fasilitas yang kami berikan lebih baik dibandingkan warteg,” tegas Rommy.

(han / gur)
 

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait