Kiat Membangun Wirasuaha sosial Ala Veronica Colondam

Yuriantin | 13 Februari 2019 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Adalah Veronica Colondam (47), sosok berjasa di balik Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang selama 2 dasawarsa ini fokus dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi ini.

Ia juga menjadi salah satu pelaku wirasuaha sosial (wirsos) awal di Indonesia. Hampir semua waktu dan tenaga Veronica dicurahkan untuk YCAB. Ibu 3 anak ini yakin, YCAB adalah perwujudan dari panggilan hatinya. Kendati tantangan menghadang selama mengelola YCAB.

"Waktu terasa cepat sekali dan saya tetap semangat sampai sekarang. Karena saya punya tujuan yang jelas sehingga langsung menyasar tujuan itu," imbuh wanita yang aktif membagikan ilmu seputar wirsos lewat sebuah program radio dan menjadi mentor ini. 

Bagi yang ingin mendirikan wirsos, Veronica menitipkan pesan. Inovasi adalah faktor penting. Artinya, perlu ada cara kreatif dalam menyelesaikan masalah sosial dengan cara berbasis bisnis.

"Tidak masalah kalau kita terinspirasi dengan ide atau model yang sudah ada, tapi kita harus mengadaptasinya menjadi lebih baik," anjur dia.

Veronica mengingatkan inovasi bisa diwujudkan melalui penggunaan teknologi. Setelahnya, tentukan bisnis model yang akan dipakai dan tim yang akan mewujudkan bisnis sosial tersebut. 

Veronica mengatakan peluang wirsos di Indonesia terbuka lebar. "Selama ada intensi, integritas, dan yang paling sulit itu kemampuan untuk mengukur dampak terhadap usaha yang dilakukan. Karena yang namanya wirsos, secara bisnis harus berlanjut dan secara dampak harus ada. Keterukuran itu harus secara empiris bukan hanya dengan perasaan," pungkas Veronica.  

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait