Jokowi Cerita tentang Ayahnya Pernah Jadi Sopir Truk

TEMPO | 18 Maret 2019 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pengemudi truk adalah profesi yang mulia. Mantan Walikota Solo itu pun mengungkapkan bahwa almarhum ayahnya, Noto Mihardjo, pernah menggeluti profesi yang sama.

"Saudara tanyakan ke Solo. Tanyakan, bapak saya almarhum itu dulu sopir truk dan supir bus," katanya saat memberi sambutan dalam acara Deklarasi Pengemudi Truk sebagai Pelopor Keselamatan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Ahad, 17 Maret 2019.

Jokowi menuturkan karena profesi ayahnya itulah ia bisa mengenyam bangku pendidikan dan kebutuhan keluarganya terpenuhi. "Kenapa saya katakan pengemudi profesi mulia, karena dari situ lah saya bisa sekolah," ucapnya.

Menurut Jokowi, kemuliaan profesi pengemudi truk ini tercermin dari banyaknya kebutuhan manusia yang bergantung padanya. Ia mencontohkan karena pengemudi truk maka barang-barang yang dibutuhkan masyarakat bisa terpenuhi.

"Karena membawa barang dari satu tempat ke tempat lain untuk keperluan masyarakat, apapun barangnya," ucapnya.

Selain itu, profesi pengemudi truk juga mulia lantaran berperan menjaga stabilitas harga. "Begitu pengemudi nggak mau angkut (barang), harga pasti naik. Tapi saya titip jangan sampai ada pengemudi yang mogok karena menyebabkan harga kacau," ujarnya.

Dalam acara ini, Jokowi turut menyampaikan pesan-pesan keselamatan untuk para pengemudi. Ia pun sempat mendengarkan deklarasi keselamatan dari para pengemudi truk.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait