Wanita Sarat Prestasi di Balik Layar Perak: Retno Ratih Damayanti

Yuriantin | 22 April 2019 | 22:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada peran wanita di balik layar industri perfilman Indonesia. Namun nama mereka mungkin masih asing di telinga para pencinta film. Mari kita mengenal sosok wanita yang berjasa di balik lahirnya sebuah film, Retno Ratih Damayanti.

Retno Ratih Damayanti (46) tengah sibuk menyiapkan busana untuk Habibie dan Ainun 3. Film ini menambah daftar panjang portofolio Retno sebagai seorang penata kostum. Memulai karier lewat Opera Jawa (2006), Retno telah menangani lebih dari 50 film. Menurut Retno, tantangan terbesar seorang penata kostum adalah kemampuan membaca karakter tokoh dengan tepat. 

“Bagi saya, kostum harus bisa menyatu dengan karakter. Tujuannya bukan sekadar pameran baju-baju bagus karena ini bukan fashion show. Kostum itu harus mendukung cerita dan visualisasi," ungkap peraih 3 Piala Citra untuk Penata Kostum Terbaik ini. 

Untuk mengatasi tantangan ini, Retno banyak menonton film sebagai bahan referensi. Sejak kecil, wanita kelahiran Yogyakarta ini suka menonton film. Bahkan, ia sudah menonton film David Lynch ketika duduk di bangku SD.

"Meski enggak paham (filmnya) tapi saya bisa terbengong-bengong. Bagi saya, modalnya cinta dulu, senang dulu, tergila-gila dulu dan tekun kemudian," ucap Retno yang bahagia kala kostum para bintang menyatu secara visual dengan semua unsur film serta dipuji para penonton. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait