Lindawaty: Bangun Usaha Dari Garasi Rumah, Cetak Ribuan UKM 

Ari Kurniawan | 11 September 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berawal dari rasa jenuh setelah menekuni usaha salon muslimah, Lindawaty memutar otak untuk mencari bidang bisnis baru. Di tengah pencarian itu, ia kerap membuat aneka makanan, termasuk kue, roti, pudding, hingga minuman kekinian. 

Lindawaty membagikan makanan serta resep yang dibuatnya di akun Instagram Dapur Lindawaty. Aktivitas yang tadinya hanya sekadar membunuh kebosanan ini kemudian malah mendapat sambutan yang tak terduga. Di awal tahun 2016, follower Instagramnya hanya sekitar 5 ribuan, beberapa bulan kemudian melonjak hingga sepulu kali lipat. Lindawaty lantas aktif membuat buku resep.

Karena keahliannya ini banyak yang memintanya untuk mengajar kursus. Maka, perempuan kelahiran 1 Januari 1978 ini kemudian membuat kursus secara online sejak Januari 2019 untuk memenuhi permintaan. Lebih dari 20 ribu member tergabung di akun facebook grup kursusnya, yang terbagi menjadi ratusan resep. “Tujuannya memang membentuk wirausaha, apalagi di masa pandemic seperti ini, ketertarikan akan kursus online sangat meningkat, hingga empat kali lipat,” ceritanya. 

Kini, di akun Instagramnya yang memiliki pengikut hingga lebih dari 400 ribuan, Lindawaty juga tak pelit membagikan resep. Peminat kursus onlinenya kian banyak. “Sepertinya karena mereka ingin tahu Teknik dan tips tricknya lebih dalam, makanya banyak yang ikut kursus. Apalagi trend makanan dan minuman kekinian cepat berganti,” jelasnya. 

Tak hanya memberikan pengajaran lewat kursus online, Dapur Lindawaty juga melayani pembelian alat-alat baking karena banyaknya permintaan peserta kursus. Seiring banyaknya peserta yang mengikuti kursusnya, kemudian banyak permintaan agar makanan yang menjadi materi kursus, bisa dicicipi langsung. Karena itu, sejak awal 2020, Lindawaty membuka Dapur Lindawaty Cakery yang terletak di Jalan Margonda Raya no 494E, Depok, sebagai toko kuenya. 

Aneka kue, roti, pudding hingga kopi disajikan dengan nikmat dan tentu saja fresh dari dapurnya. Meski hanya menyediakan beberapa bangku, toko yang instagrammable ini tak pernah sepi pengunjung. “Sekitar 80 persen pembeli memang membeli lewat online, biasanya dengan ojek online atau juga bisa order di nomor WA kami. Sisanya datang ke toko, memilih makanan yang akan dibeli, kemudian pulang,” jelasnya. 

Kelebihan lain dari Dapur Lindawaty Cakery adalah, makanan yang dipesan bisa diantar mulai jam 7 pagi. Inovasi ini rupanya untuk menjawab kebutuhan orang tua untuk anak-anaknya yang memulai sekolah online di pagi hari. 

Perkembangan usaha kuliner yang ditekuninya, tentu bukan dibangun dalam waktu semalam dan dengan jalan mudah. Proses jatuh bangun juga trial and error telah dilewatinya. Namun, perempuan berkacamata ini tetap rendah hati dan selalu berinovasi mengembangkan usaha yang dibangunnya dari garasi rumah ini. 
 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait