Profil Urip Arphan, Aktor Mirip Benyamin S yang Meninggal karena Stroke

Supriyanto | 30 Juli 2021 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor dan komedian asal Betawi, Muhammad Urip Arphan meninggal dunia pada Kamis (29/7) pukul 16.20 WIB di Depok, Jawa Barat. Jenazah Urip Arphan rencananya akan dimakamkan Jumat (30/7) besok di kawasan Kramat Sentiong, Jakarta Pusat.

Arief, putra mendiang Urip Arphan menegaskan ayahnya meninggal bukan karena akibat terpapar Covid-19. Menurut Arief, aktor mirip Benyamin S itu meninggal di usia 74 tahun karena penyakit stroke yang sudah lama dideritanya.

Urip Arphan lahir di Jakarta pada 13 Maret 1947. Namanya mulai dikenal saat ikut bermain dalam film bisu 'Laila Majenun', garapan sutradara Sjuman Djaja tahun 1975.

Pria yang disebut mirip Benyamin Sueb itu mulai menekuni dunia akting sejak lulus SMA. Ia juga terlibat dalam beberapa film, seperti Si Doel Anak Modern (1976), Bodoh-bodoh Mujur (1981), Mat Pelor (1990), dan Emak Ijah Pengen Ke Mekah (2013) dan beberapa FTV.

Namun kemudian karirnya perlahan mulai meredup dan namanya hilang dari industri hiburan.

Urip Arphan memiliki sebuah sanggar seni yang dia beri nama UHP. Ia juga sempat aktif sebagai Ketua Umum Pasta, Ketua Karang Tama Kelurahan Bungur, Ketua Kuntum Mekar Poskotra Minggu dan juga Penasehat DPC Forkabi Kemayoran.

Urip Arphan meninggalkan empat orang anak dari pasangannya Maryanah.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait