Ryan Chandra Menyanyi Untuk Meluapkan Rasa dan Emosi

Wayan Diananto | 18 Februari 2017 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pekan ini, penyanyi pendatang baru Ryan Chandra berkunjung ke studio tabloidbintang.com di Jakarta. 

Ryan Chandra memperkenalkan single terbaru “Bila Kau Sahabatku” yang dinyanyikan bersama Tegar Septian. Ryan Chandra sebenarnya bukan pendatang baru. Tahun lalu, ia tampil di World Championships of Performing Art 2016 - Long Beach Amerika Serikat membawakan lagu “I Love You, Daddy”. Penampilan Ryan kala itu mendapat pujian dari publik Negeri Paman Sam. 

Ryan menekuni dunia tarik suara sejak umur 9 tahun. Bagi Ryan, “Menyanyi salah satu cara mengungkapkan rasa dan melepas emosi. Marah, bahagia, maupun sedih bisa disampaikan melalui lagu.” Dalam menyanyi, Ryan Chandra tidak berkiblat pada penyanyi tertentu. Meski demikian, ia mengikuti perkembangan musik di Indonesia maupun luar negeri secara konsisten.

“Selama lagu itu enak didengar, saya suka. Sekarang, saya sedang menyukai lagu-lagu milik Bruno Mars dan Sam Smith. Saya suka pop,” beri tahu Ryan. Menyanyi bagi Ryan Chandra adalah panggilan hati. Karenanya, target Ryan Chandra di industri musik tak muluk-muluk. Ia hanya ingin lagu “Bila Kau Sahabatku” disambut hangat oleh khalayak. Kalau kemudian Ryan Chandra menjadi terkenal, itu bonus dari Tuhan. Pendapat itu diamini Tegar Septian. 

Di luar musik, Ryan Chandra mengembangkan kemampuan berbahasa asing. “Saya kursus Bahasa Mandarin dan menyanyi. Waktu kecil saya suka karaoke bersama Mama. Saya mulai kursus menyanyi sejak 9 tahun sampai sekarang saya berusia 13 tahun,” pungkasnya.

(wyn/ray)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait