Kisah Tika Bravani Berhijab Setelah Berbincang dengan Perempuan Yordania

Yohanes Adi Pamungkas | 25 Maret 2018 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada 18 Febuari lalu, Tika Bravani (28) bersama para pemain, kru, dan keluarga besar sinetron Tukang Ojek Pengkolan (TOP) berangkat umrah ke Tanah Suci. Sepulang dari umrah, istri Dimas Aditya ini memutuskan berhijab.

Menjelang berangkat umrah, para pemain wanita TOP sibuk membahas hijab apa yang mau dipakai saat umrah. Topik pembicaraan soal hijab tidak membuat Tika Bravani tertarik.

“Aku masih santai, belum sibuk mencari hijab. Apalagi setelah umrah mau mengunjungi Dubai, aku sempat bertanya kalau ke Dubai apakah tetap harus memakai hijab juga?” ujar Tika Vravani di Jakarta, pekan lalu.

Kota pertama yang didatangi Tika dan rombongan adalah Madinah. Di dalam kamar hotel di Madinah, Tika berdiskusi dengan teman sekamar bernama Yanti. Ia membahas soal kewajiban perempuan untuk berhijab yang sudah diatur dalam Alquran dan mengapa masih ada perempuan yang belum mematuhi ketentuan itu? Pertanyaan itu dijawab Yanti, “Kalau aku sih, mau memperbaiki diri dulu. Jadi berhijab itu membutuhkan persiapan.”

Keesokan harinya, Tika dan rombongan berpindah dari Madinah ke Mekah. Mereka tiba di sana bersamaan dengan datangnya waktu salat Jumat. Waktu menunjukan pukul setengah 11 siang. Suasana Masjidil Haram yang ramai membuat Tika terpisah dari rombongan lain. 

“Tapi dari tempat saya salat keliatan Kakbah,” ia mengenang. Tika duduk bersebelahan dengan perempuan asal Yordania. Mereka berdua berkenalan dan saling memberitahu negara asal. Perempuan itu bertanya kepada Tika Bravani, “Di Indonesia banyak orang Islam, ya?” 

Tika menyahut, “Ya, banyak penduduk yang beragama Islam.” Tiba-tiba perempuan itu mengambil name tag yang dilepas Tika. “Di name tag itu, ada foto aku saat enggak pakai hijab. Dia bertanya kenapa aku enggak berhijab. Lalu dia bilang, 'Bukannya kamu orang Islam? Kamu tahu kalau Alquran meminta perempuan Islam berhijab? Hijab akan membuat hidupmu lebih baik.' Dia kemudian memeluk aku,” cerita Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 2014.

Tersentil dengan pertanyaan dan pernyataan perempuan itu, mata hati Tika terbuka. Air matanya membasahi pipi. Kakbah menjadi saksi momen pergulatan batin Tika. Ia menyesal baru terpanggil untuk memakai hijab setelah dikritik orang lain. Setelah yakin berhijab, Tika mengirim pesan singkat kepada suaminya yang berada di Indonesia. 

“Aku mengabari Dimas melalui aplikasi WhatsApp. Kami berdua berdiskusi. Saya bilang kepadanya, 'Yang, aku mau pakai hijab sepulang umrah.' Dimas membalas, 'Memang kamu sudah siap?' Aku menjawab, 'Enggak perlu siap-siap. Pokoknya kamu harus bantu aku bukannya malah menakut-nakuti aku',” pungkas Tika Bravani.

(han / gur)

Penulis : Yohanes Adi Pamungkas
Editor: Yohanes Adi Pamungkas
Berita Terkait