Mudik Lebaran 2019 Nyaman dan Aman Pakai Mobil Pribadi, Ini 5 Tipsnya

TEMPO | 27 Mei 2019 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mudik Lebaran saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran pakai mobil pribadi bisa dilakukan untuk menikmati perjalanan rute darat. Meski begitu, pemudik dengan mobil tentu perlu mempertimbangkan persiapan yang berbeda dengan menggunakan transportasi umum. Berikut beberapa tips agar nyaman dan aman mudik menggunakan kendaraan pribadi, dikutip dari Pegipegi.


1. Cek Kelayakan Mobil
Beberapa hari sebelum mudik harus memastikan mobil dalam kondisi layak untuk perjalanan. Periksa lagi, serta tune-up mobil di bengkel langganan yang terpercaya. Cek ulang air radiator, kampas rem, selang bensin, serta mengganti oli. Periksa lagi kondisi alarm mobil karena berpengaruh juga untuk keamanan. Ada baiknya membawa perlengkapan dongkrak serta beragam kunci untuk mengantisipasi bila kondisi mobil mengalami permasalahan di jalan.

2. Mempersiapkan jalur alternatif
Saat mudik arus perjalanan akan sangat macet dibandingkan waktu umumnya. Maka mempertimbangkan pilihan rute juga diperlukan, setidaknya agar tidak melulu terjebak dalam kepadatan jalan. Kemajuan teknologi akan sangat membantu untuk menuntun perjalanan, termasuk memberikan jalur alternatif. Pelayanan Google Maps atau GPS seperti Waze bisa digunakan untuk menunjang kenyamanan perjalanan.



3.Isi Daya Gawai
Selama perjalanan gawai atau gadget akan sering dipakai. Selain untuk menuntun perjalanan menggunakan pelayanan Google Maps, gawai akan digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga yang dituju. Maka perlu diperhatikan daya baterai dan pulsa. Untuk urusan baterai, bisa menyediakan cadangan, atau membawa power bank yang sudah terisi penuh.

4.Membawa obat-obatan
Obat-obatan harus dibawa karena akan sangat menunjang kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan. Obat anti mabuk atau penangkal masuk angin, termasuk suplemen vitamin juga perlu dibawa. Karena kondisi kesehatan yang terganggu akan mengurangi kenyamanan dalam perjalanan.

5. Singgah beristirahat
Perjalanan mudik dengan waktu tempuh yang lama akan melelahkan. Apalagi bila pengemudi hanya satu orang. Suasana perjalanan yang padat kerap membuat kondisi fisik semakin terkuras karena harus menjaga konsentrasi. Maka perlu memanfaatkan tempat istirahat yang tersedia selama perjalanan. Lebih baik bila mengistirahatkan tubuh dengan singgah di penginapan agar tidur lebih nyaman, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait