Empat Bulan Lepas Hijab, Rina Nose Bicara Soal Kepercayaan dan Cara Berpakaian

Andira Putri | 19 Maret 2018 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rina Nose masih menjadi pembicaraan netizen setelah memutuskan untuk melepas hijabnya sejak empat bulan lalu. Masih banyak netizen yang memberikan komentar pro dan kontra terhadap keputusan Rina Nose di akun Instagram pribadinya.

Rina Nose kemudian memutuskan untuk membalas beberapa komentar netizen lewat sebuah pernyataan panjang pada Minggu (18/3). Isi pernyataan tersebut berkaitan dengan kepercayaan dan cara berpakaian seseorang.

Menurut Rina Nose, ada triliunan orang di dunia yang hidup dengan pandangan berbeda. Mereka tentu memiliki cara tersendiri dalam mempercayai keyakinannya dan cara berpakaiannya. 

“Pandanganmu, pandanganku, pandangan orang lain itu berbeda. Bisa jadi orang setuju denganku, bisa jadi orang setuju denganmu, bisa jadi tidak setuju dengan keduanya. Di dunia ini ada triliunan manusia yang memiliki berbagai kepercayaan dan keyakinan, dan memiliki cara sendiri2 dalam mengolah ketenangan jiwa dan batin nya. Memiliki cara sendiri mencintai sang pencipta. Memiliki cara sendiri memaknai identitas kepercayaan nya. Dan itu adalah proses hidup yang terjadi secara alami sejak manusia mulai menyadari keberadaan mereka di muka bumi ini,” tutur Rina Nose seperti dikutip dari akun Instagram @lambenyinyir.

Karena itu, Rina Nose meminta netizen untuk tidak menyalahkan orang lain jika mereka memiliki perbedaan dalam mempercayai keyakinan serta cara berpakaian. “Rasanya tidak perlu menyalahkan cara orang lain dalam meyakini kepercayaan nya, menyalahkan bagaimana cara kita mencintai sang pencipta, menyalahkan cara memperoleh ketenangan batin, menganggap cara berpakaian nya tidak sesuai keyakinannya, menganggap orang lain salah, tersesat, dan sebagainya,” lanjut Rina Nose.

Rina Nose berharap netizen bisa memahami perbedaan tersebut. Rina Nose merasa setiap orang sudah memiliki jalan hidup sendiri. Jika ada kesalahan, mereka otomatis akan menyadarinya. 

“Triliunan manusia di muka bumi ini (termasuk saya dan anda sekalian) sudah punya jalan masing2 bukan? Dan itu terjadi secara alami. Biarlah manusia menyadari segala hal dalam hidupnya (kebaikan, keburukan, keyakinan, kepercayaan, pandangan nya) secara alami sesuai seleksi alam dan takdirnya. Karena itulah kehidupan,” tambah Rina Nose.

Terakhir, Rina Nose menegaskan betapa penting sikap saling menghargai dalam kehidupan. Rina Nose ingin netizen tidak berusaha untuk terus menyamakan cara pandang mereka dengan orang lain. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan konflik.

“Jika ada yang meyakini bahwa pakaian yang dikenakan akan membawa ke surga, silahkan yakini itu. Jika ada yang meyakini bahwa dengan mempercayai kitab suci dan mengikuti apa yang tertulis disana itu akan membuat hidup tenang dan damai sampai ke akhirat, silahkan yakini itu. Jika merasa kalian telah meyakini yang benar, silahkan yakini itu. Adapun cara saya sama seperti kalian atau tidak, kenapa tidak mencoba utk saling menghargai saja? Keinginan yang begitu menggebut utk selalu menyamakan sudut pandang dan menyamakan cara meyakini sesuatu pada orang lain, itulah yang seringkali berakhir konflik dan perdebatan,” tutup Rina Nose.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait