Ternyata Jokowi Terlahir dengan Nama Ini

TEMPO | 14 Desember 2018 | 13:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membeberkan fakta yang jarang diketahui publik. Ia ternyata terlahir dengan nama Mulyono. Adapun Jokowi lahir pada Juni 1961 di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Karena berulang kali sakit, nama itu kemudian diganti.  "Tapi, nama itu tak terlalu lama saya miliki karena orang tua saya segera mencarikan nama baru ketika saya berulang kali sakit," kata Jokowi dalam buku Jokowi Menuju Cahaya karya Alberthiene Endah, yang baru diluncurkan pada Kamis (13/12).

Jokowi menyebut, penggantian nama itu karena ada kepercayaan dalam masyarakat Jawa bahwa anak yang sakit-sakitan perlu berganti nama. Kemudian, nama Mulyono pun diganti Joko Widodo. "Boleh tidak percaya, saya kemudian tumbuh sehat. Itu misteri," katanya.

Dalam buku tersebut, Jokowi juga mengaku menghabiskan masa kecilnya di sebuah rumah bilik di pinggir kali, tepatnya di daerah Srambatan, pinggiran Solo. Ibu Jokowi bernama Sujiatmi. Sedangkan bapaknya, Wijiatno Notomiarjo, adalah pedagang bambu dan kayu. Ia dan keluarganya berkali-kali pindah rumah, namun selalu di pinggir sungai.

Berulang kali pindah rumah kontrakan, Jokowi dan orang tuanya pindah ke bantaran Kali Pepe, Kampung Cinderejo, Solo. Mereka bermukim di sana lebih lama. Bahkan, tiga adik perempuan Jokowi pun lahir di sana. Rumah kumuh di bantaran Kali Pepe, kata Jokowi, mengajarkan kepadanya banyak hal kesengsaraan sekaligus kekuatan kaum marginal.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait