7 Makanan yang Menjadi Simbol Perayaan Imlek dan Dianggap Membawa Keberuntungan

Hari Murtono | 24 Januari 2020 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sama seperti perayaan hari besar lain, perayaan Imlek juga menghadirkan keceriaan, kegembiraan, pengharapan dan memperkuat rasa kekeluargaan. Imlek juga memiliki makanan khas yang menjadi tradisi di setiap keluarga yang merayakannya. Makanan tersebut juga sering disebut sebagai simbol keberuntungan kalau dilihat berdasarkan pada cara pengucapan atau penampilannya. Tidak hanya makanan itu sendiri yang penting, tetapi juga proses penyiapan, cara penyajian hingga saat memakannya pun sangat berarti. Berikut makanan yang secara turun menurun dihidangkan saat perayaan Imlek.

1. Ikan

Ikan diartikan sebagai simbol peningkatan Kemakmuran. Ikan adalah menu tradisi untuk makan malam Imlek.Steam fish atau ikan yang dikukus adalah salah satu resep tahun baru Imlek yang paling terkenal sejak lama. Ikan yang harus dipilih untuk makan malam tahun baru didasarkan pada homofonik dalam bahasa Tiongkok yang artinya keberuntungan atau menguntungkan.

2. Pangsit

Pangsit adalah makanan klasik imlek dan hidangan tradisional yang dimakan juga pada malam tahun baru Imlek. Pangsit dibuat agar terlihat seperti batangan perak atau berbentuk perahu, oval di kedua ujungnya. Menurut legenda semakin banyak pangsit yang Anda makan selama perayaan Imlek, semakin banyak uang yang bisa dihasilkan sepanjang tahun.

3. Lumpia

Lumpia atau juga dikenal sebagai spring roll mendapatkan namanya karena dimakan secara tradisional selama festival musim Semi. Lumpia adalah hidangan Imlek yang sangat populer di Tiongkok bagian timur. Lumpia adalah hidangan dimsum dari Kanton berbentuk gulungan diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Lumpia merupakan simbol kemakmuran.

4. Kue Beras Ketan

 Kue beras ketan adalah makanan keberuntungan yang dimakan pada malam tahun baru Imlek. Dalam bahasa Tiongkok juga bisa diartikan semakin tinggi dari tahun ke tahun. Kue tersebut melambangkan semakin tinggi usaha semakin makmur bisnis Anda hingga akan terjadi peningkatan dalam kehidupan.

5. Sweet Rice Balls

Bola-bola nasi manis adalah makanan utama untuk festival lentera Tiongkok, namun di Tiongkok selatan orang memakannya sepanjang festival musim semi.Makanan tersebut melambangkan kebersamaan dalam keluarga.

6. Mi Umur Panjang

Menu mi melambangkan harapan agar bisa berumur panjang. Ukuran panjang dan tekstur mi yang tidak rata juga merupakan simbol kehidupan bahagia manusia.Biasanya mi yang dimakan saat Imlek lebih panjang dari mi normal dan tidak dipotong saat dimasak dan disajikan.

7. Buah jeruk

Buah-buahan tertentu biasanya dimakan selama periode Tahun Baru Imlek seperti jeruk dan buah delima. Buah tersebut dipilih karena mereka sangat bulat dan "berwarna keemasan", melambangkan kekayaan. Jeruk juga dianggap membawa keberuntungan

 

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait