Ini Mitos Unik tentang Kupu-kupu! Anda Pernah Mengalaminya?

aura.co.id | 2 Desember 2020 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepercayaan tentang sesuatu yang belum pasti kebenarannya alias mitos, banyak kita dengar sehari-hari.

Salah satunya yang melibatkan hewan bersayap, yakni kupu-kupu.

Mitos tentang kupu-kupu ini tak hanya berkembang di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain. Nah, Berikut adalah 2 mitos tentang kupu-kupu. 

Pertanda Kedatangan Tamu

Banyak yang percaya kalau ada kupu-kupu yang masuk rumah, tandanya akan ada tamu yang datang. Kepercayaan ini tak cuma ada di Indonesia, namun juga negara-negara di Eropa.

Kita konon bisa mendeteksi tamu yang akan datang dengan memperhatikan bentuk serta warna kupu-kupu yang datang ke rumah. Jika kupu-kupu yang masuk berwarna cantik, maka yang datang adalah orang yang berniat baik.

Kalau yang masuk rumah adalah kupu-kupu yang hitam atau berbentuk jelek, maka yang datang kemungkinan bukan tamu yang baik. Jika kupu-kupu yang datang hinggap atau mengelilingi tubuh si pemilik rumah, maka yang datang adalah orang dekat seperti sahabat, saudara, atau pacar.

Pembawa Keberuntungan

Mitos kupu-kupu sebagai pembawa keberuntungan, banyak dipercaya oleh orang-orang di Jepang. Bahkan di negara Matahari Terbit tersebut, banyak orang yang memelihara, merawat bahkan mengawetkan kupun-kupu yang memiliki warna sayap indah.

Awetan kupu-kupu itu kemudian diletakkan di rumah mereka untuk membawa keberuntungan bagi penghuninya. Kupu-kupu juga diletakkan di kantor atau tempat usaha, karena dipercaya bisa mempelancar bisnis dan keuangan.

Kepercayaan tentang sesuatu yang belum tentu selalu benar alias mitos, banyak kita dengar sehari-hari. Salah satunya yang melibatkan hewan bersayap, yakni kupu-kupu. Mitos tentang kupu-kupu ini tak hanya berkembang di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait