Aming Soroti Kesalahaan Penggunaan Istilah Transgender

Andira Putri | 3 April 2018 | 21:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aming memberikan penjelasan tentang definisi transgender. Kata tersebut semakin sering digunakan seiring dengan kemunculan sejumlah sosok transgender di publik.

Aming merasa ada kesalahan terkait penggunaan kata transgender. Menurut Aming, transgender bukanlah orang yang memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya.

"Transgender itu suatu kondisi di mana seseorang merasa terjebak dalam tubuh yang salah," ujar Aming setelah screening film A Quiet Place di Gandaria City, Jakarta Selatan pada Senin malam (2/4).

Sementara orang yang mengubah jenis kelaminnya disebut sebagai transeksual. "Transeksual maksudnya adalah transformasi seksual. Jadi itu alat kelamin. Banyak pemahaman yang salah. Jangan ikut-ikutan blunder," terang Aming.

Selain transgender dan transeksual, masih banyak definisi lain terkait hal serupa. Aming pun meminta publik untuk lebih banyak mencari informasi sebelum memberikan tanggapan tentang sebuah isu.

"Ini karena ada kategorinya. Ada transeksual, transvestite (orang yang memiliki kesenangan setelah mengenakan pakaian lawan jenis), cross-dresser (orang yang memakai pakaian lawan jenis), transgender. You have to find it out apa istilahnya. Jangan asal bunyi," tutup Aming.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait