Memanfaatkan Teknologi untuk Mendapat Sumber Penghasilan Baru

Ari Kurniawan | 4 September 2019 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Marketplace business-to-Business (B2B) pertama dan terbesar di Indonesia, Ralali.com, terus mendorong ekosistem binis on-demand platform melalui BIG Agent yang menghubungkan jutaan pekerja dengan pemilik bisnis.

"BIG Agent yang lahir pada akhir 2018 adalah wujud komitmen kami untuk memperkuat ekosistem digital Ralali.com guna menciptakan konektivitas dan inklusivitas," kata Founder dan CEO Ralali.com.

Joseph Aditya mengatakan, kolaborasi antara sumber daya manusia (SDM) unggul dengan inovasi teknologi ini akan berdampak pada pengembangan bisnis yang lebih mudah. "Kami ingin membawa platform ini sebagai wadah SDM berbasis freelancer melek teknologi, yang mampu menghubungkan jutaan manusia, sehingga pemerataan akses untuk bisnis pun mudah didapat,” ungkap Joseph Aditya.

Sedikitnya 300 ribu Sobat Agent (sebutan bagi pengguna BIG Agent) sudah tersebar di 25 provinsi se-Indonesia, dengan dominasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Padang, dan Palembang. "Yang bergabung menjadi Sobat Agent tidak hanya freelancer, namun juga karyawan, mahasiswa, pelajar bahkan ojek online, dengan dominasi rentang usia antara 21-25 tahun," urai Joseph Aditya.

Dia mengungkapkan, pelaku bisnis utamanya usaha mikro kecil menengah (UMKM) seringkali mengalami tantangan dalam mengembangkan usahanya. Keterbatasan biaya, waktu, relasi, hingga upah SDM yang tidak sebanding dengan kualitas performa kerja. "Dengan BIG Agent, pelaku bisnis bisa memangkas jarak dan waktu, menyebarluaskan bisnis dan produknya kepada sasaran yang tepat dan membayar sesuai dengan performa," kata Joseph Aditya.

Chief Technology Officer Ralali.com, Irwan Suryadi mengatakan, berdasarkan data Ralali.com, terdapat ratusan ribu pekerjaan yang ada pada platform BIG Agent, termasuk korporasi besar antara lain Unilever Food Solutions dan Sasa. Ada tiga layanan pekerjaan yang diberikan BIG Agent bagi pelaku bisnis, yakni survei pasar (14,29 persen), promosi (74,52 persen), dan akuisisi (4,25 persen).

“Data-data yang dikumpulkan Sobat Agent akan menjadi salah satu mesin utama BIG Data yang digarap oleh Ralali.com untuk mengenali konsumen lebih baik (know your customer) dan memetakan pola transaksi pembeli (buyer profile)," jelas Irwan Suryadi.

Pengolahan data tersebut menjadi rujukan tepat sasaran bagi Ralali untuk memahami berbagai kebutuhan dalam satu ekosistem digital. "Kami juga memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dengan akses fintech dimana BIG Agent telah menghubungkan 1.500 pelaku usaha dengan partners fintech Ralali.com dengan total nilai pendanaan Rp 18 miliar," kata Chief Operating Officer Ralali.com, Alexander Lukman.

Fintech Ralali.com mencakup empat produk di dalamnya yaitu payment, financing, insurance, dan investment, yang kesemuanya ditujukan dapat mendorong kesuksesan ekosistem digital. Saat ini, Sobat Agent telah melakukan edukasi akses finlech Ralali.com kepada ribuan UMKM Indonesia dalam waktu kurang dari 3 bulan, yang merupakan bagian dari upaya Ralali.com untuk memberdayakan 1 juta UMKM.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait