Tak Hanya Fisik, Perempuan Juga Harus Sehat Mental

redaksi | 17 Februari 2020 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Strong Sisters Indonesla (SSI) adalah sebuah komunitas dari wanita untuk wanita, dan merupakan komunitas pertama di Indonesia yang dibentuk bertujuan sebagai wadah untuk saling support atau empowering perempuan terutama di bidang kesehatan dan kebugaran. Kesehatan dan kebugaran yang dimaksud di sini memiliki makna luas, yaitu perempuan tidak hanya sehat secara fislk, namun juga harus sehat secara mental.

Terbentuk semenjak November 2018 dan merupakan bagian dari APKI, Asosiasi di bidang edukasi yang melatih pelatih kebugaran Indonesia. Anggota SSI adalah seluruh alumni perempuan APKI yang ingin terlibat secara langusng dan tentunya terbuka untuk umum juga. 

Sesuai dengan tagline Empowerin Women Through Fitness, tujuan SSI adalah saling berbagi dan membahas tentang pendapat/ perspektif/pengalaman perjalanan hidup untuk dijadikan inspirasi serta informasi seputar kesehatan dankebugaran yang benar, termasuk hal-hal yang masih sensitif dan tabu dibicarakan oleh masyarakat seperti kesehatan mental.

Melalui akun sosial Instagram @strongsisters.id, SSI secara rutin berbagi informasi dan mengangkat topik atu isu tentang perempuan terutama tentang kesehatan fisik dan mental serta mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk berbagi cerita dan pengalamannya.

Salah satu isu perempuan yang sedang diangkat oleh SSI adalah mengenai kutur sosial dalam masyarakat yang terus berkembang sejauh ini, terutama tentang tingkat kepercayaan dan nilai harga diri perempuan yang dipengaruhi oleh penampilan fisik semata. Contohnya standar kecantikan tertentu yang harus dipenuhi demi mempunyai tingkat kepercayaan dan harga diri oleh seorang perempuan. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan kami para perempuan untuk mempunyai pola pikir untuk berkompetisi dan membandingkan dirinya satu sama lain.

SSi percaya bahwa penampilan fisik hanyalah salah satu dari banyak faktor untuk mengukur bagaimana seorang perempuan dapat merasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Perempuan dapat membangun kepercayaan diri dan harga diri tidak hanya dengan menjaga penampilan saja, tetapi juga dengan meningkatkan pola pikirnya.

Berdasarkan pemikiran ini, SSI menyelanggarakan BEYOND SHAPE Workshop yang bertempat di Fitness Embassy Jakarta tanggal 15 Februari 2020. Sebuah workshop dengan tujuan women empowerment yaitu untuk membangun kepercayaan diri danharga diri yang dibawakan oleh perempuan-perempuan hebat di bidangnya masing-masing.

(ari)

Penulis : redaksi
Editor: redaksi
Berita Terkait