Pentingnya Menguasai Konsep 3A Bagi Praktisi PR di Era VUCA

Redaksi | 3 Juli 2021 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Konsep 3A (Adopt, Adapt, dan Adept) jadi hal yang perlu dikuasai oleh seorang PR demi menghadapi Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) sehingga dapat mengadopsi perkembangan teknologi sesuai masanya salah satunya melalui “Digital Marketing”.

Karnanda Kurniardhi, Head of Internal Relations Dept Corporate Communications PT Astra International Tbk, menyebut 3A menjadi konsep yang perlu dilakukan oleh praktisi PR untuk menghadapi segala bentuk perubahan karena tidak ada kepastian selain perubahan itu sendiri. Praktisi PR memiliki peran penting di Era VUCA untuk menjaga dan membangun reputasi serta citra positif perusahaan.

“Astra juga telah melakukan peran yang perlu dijalankan oleh PR yakni proactive, collaborative, connectivity, and engagement. Sehingga Astra dapat beradaptasi selama masa new normal dengan segala bentuk perubahan yang terjadi,” ujar Karnanda Kurniadhi, dalam webinar Fikom Decree #24 yang digelar Fikom Universitas Sahid, Sabtu (3/7).

Khairul Anwar sebagai Marketing & Communications Speciallist juga menjelaskan bahwa inovasi sangat diperlukan dalam dunia marketing dengan terus belajar melihat segala bentuk perubahan yang terjadi.

“Berusahalah untuk terus belajar menghadapi segala perubahan salah satunya dengan mengubah pola berpikir hingga dapat 'merangkul' perubahan. Siapapun memiliki kemampuan untuk mengadopsi keadaan yang berkembang di Era VUCA,” ujar Khairul Anwar.

Sementara itu, Yuditia Hendrawan selaku Digital Marketing Lead PT Sidomuncul Tbk menuturkan pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri tidak terkecuali PT Sidomuncul Tbk yang menuntut praktisi marketing melakukan 3A, salah satunya melalui digital marketing yang berperan penting.

“Dengan demikian 3A menjadi konsep paling penting yang harus dikuasai demi menghadapi Era VUCA dengan melihat insight dan peluang demi meningkatkan relevansi perusahaan. Semoga apa yang sudah dilakukan oleh PT Sidomuncul Tbk ini bisa menginspirasi teman-teman mahasiswa dan mahasiswi Usahid Jakarta semua sehingga dapat menyiapkan diri menghadapi Era VUCA mendatang,” harap Yuditia.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait