Bisa Ditebak dengan Siapa Gisel Wawancara Eksklusif Setelah Video Syurnya Viral

Redaksi | 15 Maret 2021 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dengan media mana Gisel akan wawancara eksklusif setelah video syurnya viral? Itu pertanyaan zaman dulu. Pertanyaan zaman sekarang, di channel Youtube siapa? Bisa ditebak, akhirnya Gisel buka suara soal video syurnya, di channel Youtube Boy William, tentu saja judulnya pakai kata eksklusif dengan tanda seru. Inilah zaman ketika mendapatkan wawancara eksklusif dari narasumber bukan lagi milik media konvensional. 

Saat semua orang, termasuk para artis, punya media sendiri (sosial media), media konvensional (cetak maupun online) harus makin lentur bergerak demi survive. Anda pasti sudah hafal betapa sekarang makin banyak media, besar apalagi yang kecil, menulis berita dari Instagram atau channel Youtube artis atau politikus. Untungnya (atau celakanya?) yang membaca berita jenis ini masih banyak. Jadi, media pun asyik-asyik aja mengutip materi berita dari channel Youtube artis.

Media konvensional yang penghasilannya makin tipis (kalah sama Youtuber atau Influencer) jelas tak mampu kalau harus membayar narasumber untuk mendapatkan wawancara eksklusif. Peraturan juga melarang. Sementara makin banyak narasumber, artis juga influencer yang sadar betul berita tentang dirinya punya nilai jual tinggi. Sebelum tren artis jadi Youtuber yang mencari viewer/subscriber dengan konten seputar diri dan teman-teman sesama artis, stasiun TV jadi pilihan. Sebagai pengisi acara, artis yang jadi narasumber berhak mendapatkan honor. Sekarang honor dari Youtube tampaknya lebih menjanjikan.

Perubahan besar sudah terjadi dan semua ikut merasakan, diuntungkan atau dirugikan. Beberapa channel Youtube artis yang berisi wawancara dengan sesama artis top sudah jadi rujukan media dalam mencari berita. Buat wartawan ini juga memudahkan. Tinggal tonton lalu kutip dan jadilah berita. Dan menarik, karena isinya eksklusif, hanya ada di channel Youtube. Buat si artis pemilik channel Youtube maupun yang jadi narasumber juga pasti merasa lebih nyaman diwawancara sesama artis. Kesepakatan, misal saling bekerja sama sharing konten di channel masing-masing, atau berbagi pendapatan dari iklan, juga lebih mudah dilakukan karena saling mengenal. Materi wawancara juga bisa dibicarakan dulu, termasuk misal di tengah wawancara ada promosi produk. Media yang makin rajin mencari konten dari akun sosmed artis juga memudahkan para artis melambungkan follower dan subscribers. Sama-sama diuntungkan. 

Terus kalau semua artis hanya memberikan wawancara eksklusif di channel Youtube sesama artis, apa masalahnya? Atau jangan-jangan keberadaan media konvensional (online apalagi cetak) makin kurang relevan. Butuh berita apapun publik bisa mendapatkan dari sosial media. Mau berita eksklusif juga bisa didapat langsung dari akun sosmed artis, tanpa perlu perantara media. Wartawan mungkin salah satu jenis pekerjaan yang….  Ah, betapapun sulitnya kondisi saat ini, banyak wartawan yang masih bekerja dengan bahagia dan bangga, dan itu penting di zaman sulit seperti sekarang ini. 

Media konvesional mungkin sudah kalah dalam urusan wawancara eksklusif. Tapi independensi, obyektivitas dan hal-hal lain yang menyatu dan menjadi bagian dari integritas media dan profesi wartawan, tetaplah sesuatu yang baik, juga penting dipertahankan di antara riuh kehadiran media baru. Media konvensional (cetak dan online) dan media baru (sosmed, dll) bisa saling melengkapi, bukan saling meniadakan, tapi entah sampai kapan. Semangat!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait