Cantiknya Aktris Pat Kirkwood, Diduga Selingkuhan Pangeran Philip di Tahun 1950an

Vallesca Souisa | 13 April 2021 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Philip mengembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (9/4) lalu di usia 99 tahun. 73 tahun Duke of Edinburg ini mendampingi Ratu Elizabeth II dalam suka maupun duka. Meski bertahun-tahun pasangan ini menjadi panutan karena keharmonisannya, ternyata Pangeran Philip juga tak luput dari skandal di masa lalu. 

Di tahun 1950an, Pangeran Philip pernah diberitakan dekat dengan seorang aktris Inggris, Patricia Kirkwood atau Pat Kirkwood. Meski, Pat selalu menyangkalnya sepanjang hidupnya dan Pangeran Philip sendiri tak pernah mengeluarkan konfirmasi apapun, rumor ini terus hidup. Hingga ada julukan “The Prince and The Showgirl” yang keluar di media-media kala itu dan di kalangan para sosialita masa itu. Julukan ini mengacu pada skandal sanga pangeran dan aktris. The Showgirl, gadis pertunjukan di sini adalah sindirian untuk Pat Kirkwood. 

*Kiprah Sang Aktris

Pat Kirkwood lahir 24 Februari 1921 di Pendleton, Lancashire adalah aktris panggung, yang mengisi klub-klub pertunjukan eksklusif, yang biasa dihadiri kaum bangsawan dan aristokerat. Dari panggung ke panggung, Pat akhirnya juga melangkah ke film layar lebar Inggris. Stars in Your Eyes (1956), No Leave, No Love (1946), After the Ball (1957) adalah beberapa judul filmnya. Ia juga membintangi beberapa serial televisi, beberapa acara realita dan variety seperti The Pat Kirkwood Show (1954). Dia menjadi wanita pertama yang memiliki acaranya sendiri di kanal TV BBC. 

*Perkenalan dengan Duke of Edinburg
Pangeran Philip dikenalkan kepada Pat Kirkwood oleh seorang sahabatnya pada tahun 1948. Saat itu usia Pangeran Philip 27 tahun dan sudah menikah dengan Ratu Elizabeth II. Dilansir dari portal Inggris The Sun, mereka berkenalan di ruang ganti sang aktris, di Teater Hippodrome, London. 

Malam itu, setelah pertunjukkan, Philip terlihat mengendarai mobil sport-nya bersama Pat, menuju restoran Mayfair—dalam perjalanan hampir menyebabkan kecelakaan. Philip dan Pat tampak menikmati makan malam mereka. 

*Pertemuan demi Pertemuan
Setelahnya, mereka memasuki sebuah klub, dimana mereka berdansa, sangat dekat. Itu bukanlah pertemuan terakhir mereka. Menurut laporan beberapa jurnalis di masa itu, di lain kesempatan, mereka juga sarapan bersama. Ratu Elizabeth II saat itu sedang mengandung 8 bulan, anak pertamanya, Charles. 

Pat Kirkwood dalam sebuah wawancara di akhir tahun 1960an, menggambarkan bagaimana sosok Pangeran Philip, “Dia seseorang yang sangat berenergi. Saya merasa dia merasa terperangkap dan jarang bisa menjadi dirinya sendiri. Saya mungkin berada pada waktu yang tepat, menghibur dan membuatnya tertawa,” ungkap Pat, dilansir dari The Sun. Philip dan Pat diberitakan sangat menikmati kebersamaan mereka, dan bertemu lebih dari lima kali, dimana terendus paparazzi di masa itu. Namun pertemuan mereka terhenti, persahabatan mereka renggang, begitu Pangeran Philip dan Pat menjadi tajuk utama sebuah koran Inggris dengan judul “The Prince and The Showgirl”

Pat pun selalu menyangkal adanya perselingkuhan. Ia bahkan mengatakan kalau persahabatannya dengan Pangeran Philip malah merusak hidupnya. Teman-teman Pat memercayai, pertemanannya dengan Philip yang kemudian jadi rumor negatif itulah, yang membuat Pat tak pernah mendapatkan penghargaan apapun selama 60 tahun menjadi seniman dan aktris. 

Pada tahun 2007, ditemukan surat-surat antara Pat dan Philip. Surat ini terungkap, setelah Pat meninggal di usia 86 tahun. Namun keberadaan surat-surat ini hanya dianggap sebagai “rumor yang konyol” disebarkan oleh “orang jahat”. Sampai hari ini, rumor ini tak terkonfirmasi oleh Philip, namun tetap hidup selama bertahun-tahun. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait