Flashback, Aib di Balik Perceraian Saipul Jamil dan Dewi Perssik : Apa Dia Suami yang Saleh?

Vallesca Souisa | 3 September 2021 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, Kamis (2/9) Siapul Jamil atau Bang Ipul bebas dari penjara, setelah mendekam 5 tahun atas kasus pencabulan dua pria di bawah umur, berinisial DS dan AW. Di tahun 2016 dulu, kasus ini sangat heboh, karena laporan-laporan korban atas pelecehan seksual yang dilakukan Ipul, cukup vulgar.

Sekilas flashback, AW diketahui asisten Ipul, yang mulanya adalah penonton bayaran di acara D’Academy 1 tayang pada 2014. Ipul meminta pin BB dan nomor ponsel AW, saat break iklan. Komunikasi antara Ipul dan AW pun terjalin. Hingga AW ditawari menjadi asisten Ipul. AW mau, karena membutuhkan uang dan pekerjaan. .

Selama 5 bulan menjadi asisten pribadi Ipul, AW mendapatkan bayaran per hari 50 ribu-100 ribu rupiah. Ternyata tidak hanya itu, AW juga 2 kali mendapatkan pelecehan dari sang majikan. “Usia AW masih 20 tahun, waktu itu kejadiannya Maret 2014-April 2014. Ipul minta dipijat dengan alasan tubuh pegal, lalu memaksa AW 'melayani' yang bersangkutan. Kejadian berikutnya saat AW sedang tidur, tiba-tiba Ipul datang dan meraba-raba tubuh dan area sensitif AW,” ungkap Fajar,kuasa hukum AW kala itu.

AW tidak berhasil melawan, lantaran mulutnya dibekap Ipul dan kedua tangannya ditindih tubuh Ipul yang lebih besar. AW tak bisa berbuat apa-apa. “Alat vital saya disentuh,” ujar AW sambil menunduk malu. Pascakejadian itu, AW berhenti kerja. Kondisi psikologis AW terguncang. Sampai nyaris 2 tahun kemudian baru berani melaporkan kejadian pilu itu kepada pihak berwajib.

Fakta-fakta pelaporan korban di tahun 2016 itu, banyak membuat kaum hawa yang menggandrungi Ipul kala itu terguncang. Hampir tak percaya. Ibu-ibu berceloteh di masa itu, “Masa, sih begitu? Dia kan menikah dua kali, punya istri.” Catatan Tabloid Bintang Indonesia kala itu, merekam kembali, bagaimana perjalanan cinta Ipul dan istri pertamanya, Dewi Perssik. Mengorek sang biduan lagi akan kisah lalunya bersama Ipul. Ipul bertemu Dewi Perssik pada 2008. Di mata Dewi saat itu, Ipul adalah pangeran pujaan! “Dia itu mirip dengan Bertrand Antolin. Saya ngefans banget dan saya benar-benar jatuh cinta pada Ipul waktu itu,” ungkap Dewi. Dari saling meledek dan menggoda di panggung demi panggung, dua insan ini merajut kasih.

“Saat masa pacaran itu, bukan saya tidak tahu, justru saya sering sekali mendengar gosip tentang dia penyuka sesama jenis. Tetapi saya enggak mau percaya begitu saja. Makanya saya tanya langsung kepadanya dan saya memilih percaya pada jawabannya,” demikian Dewi menggambarkan awal hubungannya dengan Ipul kepada Tabloid Bintang Indonesia pada 2005. Menikah 2005, rumah tangga Ipul dan Dewi terguncang sejak awal 2007. Pasangan yang dikenal supermesra ini, sering kali cekcok. Ipul mulai menjatuhkan talak. Yang diributkan Ipul, istrinya tak menuruti kemauannya berpakaian sopan.

Teguran-teguran Ipul soal kostum seksi ini memicu pertengkaran. Namun banyak orang tak percaya, keretakan rumah tangga mereka hanya akibat Dewi tak mau mendengar kata suami. Isu pihak ketiga menyeruak, namun dibantah keduanya. “Saya tak punya hubungan dengan wanita lain,” ujar Ipul di masa itu.

Di ujung proses perceraiannya di meja hijau, secara samar Dewi mengungkap mengapa pernikahan ini harus berakhir. “Saya keberatan kalau dibilang alasan Ipul menggugat saya semata-mata karena saya tidak mau mengubah penampilan saya di panggung. Soal baju itu kamuflase! Sesungguhnya ada masalah, atau lebih cocok aib! Aib ini hanya saya dan Ipul yang tahu! Saya tidak bisa membeberkan ini kepada media,” tukasnya. Ia menegaskan tidak ada perselingkuhan, juga bukan karena penghasilan Ipul kurang. Hanya terlalu tabu untuk meluapkan alasannya sebenarnya.

Dewi betul-betul lega ketika berkas perceraian masuk ke Pengadilan Agama Jakarta Utara, November 2007. “Jelas lega. Daripada hidup berbulan-bulan digantung. Tak diberi nafkah lahir batin.” Dengan emosional, Dewi mengoreksi Ipul, “Apakah dia sudah menjadi suami yang bertanggung jawab? Apakah ia juga sudah menjadi suami saleh?” Ia juga keberatan dengan pernyataan Ipul di setiap infotaiment, dia suami yang setia menemani Dewi show dari panggung ke panggung. “Ya, daripada dia main dengan teman-temannya di rumah, lebih baik menemani istrinya yang tengah mencari nafkah. Jujur saya sudah tidak kuat lagi,” ucap Dewi.

Pernyataan senada ia keluarkan sehari setelah peristiwa penangkapan Ipul. Saat itu ia berkomentar, sosok Ipul yang ia tahu adalah sosok yang sering beriktikaf dengan teman-teman cowoknya.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait