KALEIDOSKOP 2017: 10 Sinetron Paling Populer 2017

Panditio Rayendra | 1 Januari 2018 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Industri sinetron Indonesia semakin berkembang di tahun 2017.

Selain RCTI, SCTV dan MNCTV, persaingan sinetron semakin ketat dengan masuknya ANTV. Sebagaimana diketahui, ANTV per 2017 ini melipatgandakan program drama lokal. Performanya pun menjulang tinggi, mengalahkan pemain lama RCTI dan SCTV.

Kami pilih 10 Sinetron Paling Populer 2017, yang ratingnya tinggi selama masa tayang.

JODOH WASIAT BAPAK
Kehadiran Jodoh Wasiat Bapak secara tak terduga mampu mendongkrak primetime ANTV. Sinetron produksi Tobali Films yang memasang Adly Fairuz sebagai pemeran utama ini tak cuma membuat ANTV berjaya dengan program lokal, namun membuat stasiun TV lain membuat sinetron tentang azab dan tukang gali kubur. Jodoh Wasiat Bapak yang awalnya berjudul Jodoh Pengantar Jenazah-tayang mulai 17 April 2017, berkisah tentang Adam yang berprofesi sebagai petugas pengantar jenazah. Menawarkan cerita beda setiap episode, Jodoh Wasiat Bapak banyak menampilkan kisah arwah penasaran yang menuntut balas pada pembunuhnya. Jodoh Wasiat Bapak memiliki benang merah yaitu cerita Adam dengan ibu, adik perempuan dan pacarnya.

DUNIA TERBALIK
Awal 2017 diwarnai dengan hengkangnya SinemArt dari RCTI setelah 10 tahun menjalin kerjasama eksklusif. Meski demikian, RCTI tidak lantas kehilangan gigi. Kehadiran Dunia Terbalik sejak 5 Januari 2017 mampu membuat RCTI tetap perkasa di primetime. Memasang pemain senior seperti Agus Kuncoro dan Indra Birowo, Dunia Terbalik mengedepankan konflik di mana ada sebuah desa yang mayoritas suami harus mengurus anak dan rumah tangga karena istri mereka bekerja di luar negeri sebagai TKW.

ANAK LANGIT
Anak Langit yang tayang mulai 20 Februari 2017, menjadi salah satu sinetron pertama SinemArt di SCTV setelah hengkang dari RCTI. Ketika teman seperjuangannya berguguran (Anak Sekolahan, Orang-orang Kampung Duku dan Berkah Cinta), Anak Langit masih stabil di 10 besar hingga penghujung 2017. Anak Langit berkisah tentang Al (Ammar Zoni) dalam mengejar cita dan cinta. Nuansa Anak Jalanan (RCTI) memang masih terasa kental di Anak Langit, apalagi sejumlah pemain sama. Pada Juli 2017, Ammar Zoni tertangkap narkoba dan perannya dimatikan. Posisinya lantas digantikan Stefan William. Hal ini nyatanya tak mengganggu performa Anak Langit.

MALAIKAT TAK BERSAYAP
Shaheer Sheikh is back. Setelah pada tahun 2016 fokus bermain serial India, Kuch Rang Pyar Ke Aise Bhi, Shaheer Sheikh kini syuting sinetron Malaikat Tak Bersayap. Tayang sejak 20 Oktober 2017, Malaikat Tak Bersayap mengusung genre yang mirip dengan Jodoh Wasiat Bapak. Bedanya, sinetron garapan Verona Pictures ini menempatkan karakter malaikat diperankan Shaheer Sheikh yang tiap episodenya menjelma jadi manusia untuk membantu mereka yang sedang kesulitan. Tayang siang hari, sinetron ini cukup dominan di jam tayangnya.

CAHAYA HATI
Cahaya Hati yang diproduksi MNC Pictures tayang sejak 31 Juli 2017. Mengisahkan dua bersaudara, Azizah (Audrey Junicka Putri) dan Yusuf (Alwi Assegaf) yang terpisah setelah orangtuanya meninggal akibat musibah banjir. Perjuangan dua bocah ini bertahan hidup di ibukota berhasil membuat penonton berempati. Konon, cerita Azizah dan Yusuf kecil ini harusnya hanya disiapkan untuk 12 episode awal. Namun karena ratingnya stabil di 3 besar, cerita Azizah dan Yusuf cilik diperpanjang hingga 177 episode. Pada episode 178 ke atas, Cahaya Hati memasang Febby Rastanty dan Zikri Daulay sebagai pemeran utama.

SIAPA TAKUT JATUH CINTA
SCTV sempat mengalami lesu penonton pada semester kedua 2017. Sejumlah sinetron berumur pendek, sebut saja Anak Masjid, Jodoh yang Tertukar dan Boy. Kehadiran Siapa Takut Jatuh Cinta sejak 13 November 2017, mampu membawa angin segar. Meminjam nafas Meteor Garden, chemistry Verrell Bramasta - Natasha Wilona - Aliando Syarief sukses membuat penonton baper dan langsung menjadi nomor 1 di episode perdana. Siapa Takut Jatuh Cinta yang baru sebulan tayang dilanda kabar Aliando hengkang. Benar saja, pada 17 Desember 2017 menjadi hari terakhir Aliando syuting. Meski begitu, rating Siapa Takut Jatuh Cinta masih relatif stabil di 3 besar.

NADIN
Sinetron Nadin yang tayang di ANTV sejak 29 Maret 2017, memasang Dewi Perssik dan Arjit Taneja sebagai pemeran utama. Kisahnya mengingatkan pada serial India Naagin, yang berkisah soal pembalasan dendam dewi ular. Nadin (Dewi Perssik) menikah dengan Ishan (Arjit) karena menganggap Ishan dan keluarganya bertanggung jawab atas kematian orangtuanya yang merupakan siluman ular. Namun ternyata Nadin salah paham, dan malah jatuh cinta. Setelah tiga bulan tayang, performa sinetron Multivision ini mulai turun. Namun kembali membaik setelah konsepnya diubah episodik, di mana Nadin setiap episodenya berurusan dengan tetangga yang memakai ilmu hitam.

ROMAN PICISAN
Sinetron Roman Picisan memasangkan Arbani Yasiz dan Adinda Azani sebagai pemeran utama. Sinetron produksi MNC Pictures ini tayang di RCTI sejak 18 Februari 2017. Kisah cinta remaja yang cukup natural menjadi daya tarik Roman Picisan. Arbani Yasiz bahkan mendapat dua piala di Silet Awards 2017, untuk Aktor Tersilet dan Pasangan Sinetron Tersilet bersama Adinda Azani.

KECIL KECIL MIKIR JADI MANTEN
ANTV dan Multivision Plus membuat ulang sinetron lawas Kecil Kecil Jadi Manten. Mengusung judul Kecil Kecil Mikir Jadi Manten, sinetron ini tayang sejak 17 Juni 2017 dan bertahan hingga 174 episode. Karakter Rohaya diperankan Annette Edoarda. Pendatang baru ini mengaku bukan gadis tomboy. Namun saat menjadi Rohaya, Annette mampu meyakinkan penonton sebagai sosok perempuan tomboy.

TUKANG OJEK PENGKOLAN
Sinetron komedi Tukang Ojek Pengkolan masih memiliki basis penonton setia. Terbukti di penghujung 2017 ini, sinetron yang mulai tayang 12 April 2015 membukukan 1000 episode.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait