Kisah Pertemuan Dua Grup Musik Dua Generasi, Kahitna dan RAN

Wayan Diananto | 1 September 2018 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Candi Prambanan menjadi saksi pertemuan dua grup musik dari dua generasi. Kahitna dan RAN tampil di satu panggung pada malam pertama perhelatan Prambanan Jazz Festival 2018, Jumat (17/8) lalu.

Vokalis Kahitna (Hedi Yunus, Carlo Saba, dan Mario Ginanjar) bersama vokalis RAN (Anindyo Baskoro alias Nino serta Rayi Putra) menyapa penonton dengan pakaian merah putih. Kelima laki-laki ini merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 lewat kebebasan dalam berkolaborasi.  

Ini kali pertama RAN tampil di Prambanan Jazz Festival. Sekalinya tampil, RAN dipercaya mengisi segmen special show. Kolaborasi Kahitna dan RAN (Kahitran) dibuka dengan hit “Selamat Pagi.” Menyusul, “Setahun Kemarin”, “Kulakukan Semua Untukmu”, dan tembang legendaris dari era 1990-an, “Andai Dia Tahu.” Yang menarik, sebelum melantun “Andai Dia Tahu,” Nino dan kawan-kawan mengajak seorang penonton naik panggung.

Penonton yang terpilih di luar dugaan yakni, Hanum, cewek bertubuh subur. Rupanya, mengajak penonton perempuan naik panggung telah mereka lakukan beberapa kali. Kepada Bintang Nino (30) bercerita, “Saat yang diajak ke panggung cewek langsing dan pintar merias diri, kata Mas Yovie, suasana konser terasa biasa saja. Namun saat yang diajak cewek yang bertubuh subur dan tampil natural, suasana menjadi hangat dan lebih meriah.”

Tidak hanya diajak menyanyi bersama, Hanum diizinkan memeluk para vokalis dan melakukan swafoto. Momen inilah yang membuat penonton lain histeris. Rayi (30) menambahkan, kolaborasi RAN dengan Kahitna bukan kali pertama. Sebelumnya, mereka merekam lagu “Salamku Untuk Kekasihmu Yang Baru.” Single yang dirilis dua tahun silam itu direspons lebih dari 5 juta warganet di situs berbagi video YouTube. 

Ini bukan kali pertama RAN melawat di Kota Gudeg. Meski demikian, tampil di Yogyakarta selalu terasa istimewa apalagi, panggungnya berlatar candi yang dibangun pada abad ke-10. Banyak musisi berharap bisa tampil di festival musik yang digagas Rajawali Indonesia Communication itu.

Salah satu personel Boyzone, Ronan Keating, menyebut Candi Prambanan adalah latar panggung paling elok selama ia berkarier 25 tahun di industri musik. “Makanya RAN bangga sekali bisa tampil di festival jaz bergengsi ini,” beri tahu gitaris RAN, Astono Handoko (31). 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait