Kick-off Liga 1 2019 Diundur, Ini Alasannya

TEMPO | 25 April 2019 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memundurkan jadwal kompetisi Liga 1 Indonesia 2019, dari semula 8 Mei menjadi 15 Mei. Direktur LIB Dirk Soplanit mengatakan bahwak pengunduran tersebut atas permintaan klub atau peserta Liga 1 Indonesia. "Ini permintaan klub sendiri," ucap dia di Jakarta, Rabu, 24 April 2019.

Dirk menjelaskan salah satu hal yang menjadi perhatian klub ialah tarik ulur suporter Persija Jakarta yang sempat dilarang menonton langsung ke stadion. Hal itu, ucap dia, membuat klub menginginkan kepastian tentang perizinan pertandingan. "Apakah keadaan ini setelah 8 Mei akan berbeda atau ada yang lain," kata Dirk.

Sebelumnya, kepolisian sempat membuat keputusan laga tanpa penonton saat Persija Jakarta menjamu Ceres Negros di Piala AFC 2019, kemarin. Namun satu jam sebelum kick-off, kepolisian membolehkan suporter masuk ke dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dirk menegaskan tertundanya jadwal kick-off bukan karena persoalan perizinan dari kepolisian semata. Menurut dia, perizinan hanya salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan oleh klub. "Itu hanya bahan pertimbangan sepanjang ada kemungkinan untuk kami tangguhkan ya kenapa tidak," tuturnya.

Kendati kick-off Liga 1 Indonesia bakal mundur sepekan, Dirk memastikan kompetisi ditargetkan selesai pada Desember 2019. Ia menambahkan mundurnya jadwal juga akan dimanfaatkan PT Liga Indonesia Baru untuk menambah sponsor.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait