Panasonic Gobel Awards 2019, Ada Kategori Baru untuk YouTuber

Ari Kurniawan | 18 Oktober 2019 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang penghargaan bergensi Panasonic Gobel Awards (PGA) 2019 siap digelar. Ada puluhan penghargaan yang siap dibagikan untuk insan pertelevisian, baik dalam kategori perorangan maupun program. 

Mengusung tema "Creatorland", ada yang baru dari PGA tahun ke-22 ini. Yakni adanya kategori baru, yang ditujukan khusus untuk pelaku industri kreatif, di televisi maupun dunia digital. Kategori baru tersebut meliputi Kreator Konten Digital Terfavorit, Stasiun TV Terfavorit di Media Sosial, Web Series Terfavorit, dan Web Series Brand Terfavorit. 

"Masa depan kreator konten sudah tampak terlihat begitu cerah. Salah satu platform yang paling populer, yaitu YouTube, kini telah menjadi sebuah media baru bagi masyarakat selain televisi," ujar Viya Arsawireja, Head of Corporate Communication PT Panasonic Gobel Indonesia. 

Seluruh proses seleksi kategori merupakan pilihan masyarakat, sehingga mencerminkan kebanggaan mereka terhadap industri pertelevisian dan kreatif Indonesia. Adapun sistem seleksi nominasi Panasonic Gobel Awards berdasarkan suara terbanyak hasil dari jajak pendapat pemirsa televisi melalui survey yang dikelola oleh Roy Morgan Research.

Penentuan 24 kategori nominasi yang terdiri dari 12 kategori Program, 8 kategori individu, 4 kategori kreator konten digital, melibatkan 1.700 orang di 23 kota besar, 21 kota kecil di 17 propinsi Indonesia, termasuk Mataram, Ambon, dan Jayapura. 

“Dalam proses voting tahun ini, PGA menambahkan platform digital untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan teknologi. Kami yakin hal ini akan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan mendukung para nominasi favorit mereka di PGA ke-22,” Ujar Viya. 

Untuk mendukung para nominasi yang sudah terpilih di setiap kategorinya, masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam proses voting yang akan dimulai sejak 18 Oktober 2019 hingga 15 November 2019  pukul 23:59 WIB.

Penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ke-22 ini juga melibatkan berbagai pihak untuk memberikan proses penilaian yang adil dan akurat. Demi menjaga independensi Panasonic Gobel Awards ke-22 serta memastikan bahwa proses penilaian dilakukan secara komprehensif, maka perhitungan dan validasi hasil voting dilakukan melalui proses audit oleh Kanaka Tanudiredja sebagai lembaga auditor yang independen. 

Malam puncak pemberian penghargaan PGA 2019 akan disiarkan secara langsung oleh IVM sebagai official media broadcasting PGA ke-22, pada 6 Desember 2019.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait