Cover Lagu Banyu Langit Didi Kempot, Versi Siapa Paling Ambyar?

Suyanto Soemohardjo | 28 Februari 2020 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Seperti semua lagu populer lain, "Banyu Langit" yang dipopulerkan Didi Kempot juga banyak yang membuat versi cover dan mengunggahnya ke Youtube. Tren meng-cover lagu populer di YouTube memang sudah lama berlangsung. Akun dengan konten cover lagu populer termasuk salah satu yang paling disukai pengguna. Akun jenis ini biasanya punya banyak subscriber dan view yang tinggi.

Jika kita browsing di YouTube dengan kata kunci cover lagu "Banyu Langit" Didi Kempot, video pertama yang muncul "Banyu Langit-Didi Kempot Cover by Dyah Novia". Diunggah akun Dengerin Musik Channel pada agustus 2019, video ini sudah ditonton lebih dari 5 juta kali. Dyah Novia menyanyikan lagu ini diiringi petikan gitar. Suara merdu Dyah Novia dan petikan gitar yang mengiringi membuat lagu "Banyu Langit" Didi Kempot terasa lebih syahdu. Dengan jumlah view yang tinggi ditambah lebih dari 2 ribu komentar, wajar kalau YouTube merekomendasikan video ini di urutan pertama.

Video cover lagu "Banyu Langit" yang tak kalah menarik diberi judul "Bule Cantik Nyanyi Lagu Jawa (Banyu Langit-Didi Kempot Jodilee Warwick Cover)". Diunggah akun Ipank Yuniar pada oktober 2019, video ini sudah ditonton 3,6 juga kali dan dikomentari lebih dari 5 ribu kali. Wajah cantik dan suara indah penyanyinya ditambah petikan gitar merdu yang mengiringi, membuat video ini sangat enak ditonton. Terasa sangat berbeda dibanding versi aslinya.

Penyanyi dangdut Via Vallen termasuk penyanyi populer yang sering meng-cover lagu milik penyanyi lain dan mengunggah videonya di Youtube. "Banyu Langit"-nya Didi Kempot pun tak luput dari sentuhan cover Via Vallen. Tidak dalam versi dangdut, Via Vallen menyanyikan lagu ini diiringi dentingan piano. Di-upload akun Via Vallen Official pada Februari 2018, video ini sudah ditonton lebih dari 3,5 juta dan mendapatkan 2 ribu lebih komentar.

Selain Dyah Novia, bule cantik Jodilee Warwick, Via Vallen, ada banyak penyanyi lain yang meng-cover lagu "Banyu Langit" dengan gaya dan versi masing-masing. Selera tiap orang berbeda, tapi kalau harus memilih, versi Dyah Novia dan bule cantik bolehlah disebut sebagai cover "Banyu Langit" paling ambyar.

Beberapa lagu versi cover sering mendapatkan view lebih banyak dibanding video versi aslinya. Tapi itu tak berlaku untuk "Banyu Langit". Video "Didi Kempot - Banyu Langit [OFFICIAL]" yang diunggah akun Didi Kempot Official Channel pada Juni 2017 tetap masih jawaranya dalam mengumpulkan jumlah penonton. Sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 41 juta kali dan mengumpulkan hampir 20 ribu komentar.

Tren cover lagu di YouTube membuat kita punya pilihan saat ingin mendengarkan lagu kesukaan. Apa boleh buat, kadang versi cover-nya justru lebih enak dan pas di telinga. O iya ada lagi versi lain Banyu Langit yang juga menarik dilihat. Bukan cover karena yang menyanyikan Didi Kempot sendiri. Dengan aransemen musik jazz yang digarap mendiang Djaduk Ferianto, versi ini tak kalah keren. Terasa makin ambyar mendengar suara saksofon yang mendayu-dayu.

 

Penulis : Suyanto Soemohardjo
Editor: Suyanto Soemohardjo
Berita Terkait