Mat The Wonder Boy Asal Gorontalo Digandeng Stinky Ramaikan Pentas Musik Indonesia

Vallesca Souisa | 22 Mei 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mat Muhammad Ashfihan namanya (19), penyanyi muda asal Gorontalo ini bak anak ajaib. Menguasai alat musik piano dan gitar secara otodidak, memiliki suara emas dan teknik vokal mumpuni tanpa les vokal. Padahal keluarganya tak ada yang berkecimpung di dunia musik maupun seni. Empuknya suara Mat suatu hari tak sengaja didengar Irwan Batara—salah satu pendiri grup band Stinky—yang saat itu sedang memberikan les musik adiknya Mat.

Suara merdu ini menggugah hati si musisi senior. Membuat Irwan bertanya saat itu juga pada ibunda Mat, yang akrab disapa Umi Ayya. “Suara siapa itu?” Sang ibu menjawab, kalau suara remaja yang sedang bersenandung itu adalah suara putra pertamanya, Mat Muhammad Ashfihan. Saat itu juga Irwan jatuh cinta pada suara Mat. Menurut prediksi Irwan, Mat bisa menjadi penyanyi muda menjanjikan.

Selama SMA, Mat memang sudah menyanyi dari kafe ke kafe. Namun belum terpikir merambah ke panggung hiburan nasional. Bagaimana caranya untuk sampai ke sana? Bukan suatu kebetulan, hari itu Irwan mendengar Mat bernyanyi. “Yuk, nyanyi bareng Stinky,” ujar Irwan kepada Umi Ayya. Sebuah ajakan spontan yang tak diduga Mat maupun uminya. “Memang Mat diajak oleh Irwan Stinky, tapi tetap ada prosedural yang harus diikuti. Tetap harus dilihat, kemampuan olah vokalnya seperti apa, cocok enggak, bisa mengimbangi enggak? Setelah dilihat oleh para personel Stinky, mereka menilai suara Mat bagus dan mampu mengimbangi Stinky. Setelah itu, baru Mat melangkah untuk take vokal (rekaman),” cerita umi Ayya pada Tabloidbintang.com.

Rekaman dilakukan bulan Februari lalu di studio Andre Taulany dengan single perdananya bersama Stinky “Melepasmu”. Di sana Andre hadir langsung untuk membantu proses rekaman. Rekaman di hadapan Andre ini nih, bikin Mat sempat gugup dan deg-degan. “Ada perasaan, saya bisa enggak, ya? Apalagi saya ini benar-benar baru banget masuk dunia entertainment, tidak pernah ikut ajang pencarian bakat sebelumnya. Lalu langsung rekaman sama Stinky. Saya siapa? Bisa enggak, ya? Adalah perasaan seperti itu,” ungkap Mat yang punya hobi fotografi.

Namun namanya bakat tak bisa dibohongi. Hasratnya pada dunia seni dan niat membanggakan orang tua, mengalahkan rasa gugup yang menggelayuti. Ya, di balik kecintaannya
pada dunia seni, Mat ingin membuktikan kepada orang tuanya, meski dia hidup terpisah dari orang tua karena perceraian, ia tetap bisa berprestasi serta membanggakan mereka dengan karya-karyanya.

“Jadi, saya bercerai ketika Mat masih kelas 1 SD. Saya saat itu bekerja dan merintis usaha. Mat dibawa ke Gorontalo dan diasuh oleh Omanya. Sedih rasanya harus hidup terpisah, tapi bagaimana, saya harus merintis usaha demi anak-anak juga. Semua saya lakukan untuk membahagiakan mereka,” bilang umi Ayya.

Umi Ayya yang kini menjadi pengusaha, mengetahui kalau Mat memang punya bakat di bidang seni. Tidak hanya menyanyi dan bermain musik. Tapi juga fotografi. Bahkan Mat sudah memproduksi film pendeknya sendiri tahun 2016, “Cerita Mamat”. Mulanya, Umi Ayya sempat tak merestui Mat terjun ke dunia hiburan, karena dianggap kurang menjanjikan dan tak pasti. Tetapi begitu melihat karya demi karya Mat, kemudian diajak Stinky rekaman, Umi Ayya sebagai ibu bisa melihat kebahagiaan terpancar dari mata anaknya. “Saya bekerja keras untuk membahagiakan anak. Saya lihat dia bahagia dan memang berbakat. Maka akhirnya saya izinkan, dengan syarat, dia tetap menjalankan pendidikan formalnya di bidang Ekonomi, supaya nantinya ada yang meneruskan usaha yang sudah saya bangun dengan jerih payah,” bilang Umi Ayya.

Mendapat restu dari umi dan kini didukung penuh, kebahagiaan pun membuncah. Mat serius menggarap rekamannya, dan dalam waktu dekat akan merilis single kedua. Di mana sang ibu sendiri yang menuliskan lagu untuknya. “Saya berterima kasih sepenuhnya, lahir batin sama umi, karena dia sudah melakukan segalanya untuk saya. Dan sekarang umi juga mendukung saya sepenuhnya untuk maju di bidang musik. Terima kasih, umi. Untuk para penikmat musik Indonesia, saya harap kalian tidak hanya bisa menikmati musik saja, tetapi semoga juga bisa menghargai musik nasional dan pelaku musik itu sendiri,” ungkap Mat.  Gimana manisnya suara Mat, coba deh dengerin “Melepasmu”, Mat Feat Stinky. Dan kalau kamu kepo, pengin mengenal Mat secara personal, coba cek Instagramnya, @matarsjad. Terus ikuti kisah Mat di tabloidbintang.com.

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait