Prambanan Jazz Online Digelar untuk Gairahkan Industri Musik dan Kreativitas

Supriyanto | 19 Juli 2020 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Prambanan Jazz 2020 ditunda hingga 30, 31 Oktober, dan 1 November 2020 mendatang lantaran pandemi Corona yang belum bisa diprediksi kapan usai. Semula festival musik tahunan itu dijadwalkan digelar 3, 4 dan 5 Juli 2020.

Rajawali Indonesia selaku promotor Prambanan Jazz 2020 mengadakan pra-event Prambanan Jazz Online, sebuah konser virtual secara online di lokasi yang sama. Konser tanpa penonton yang digelar, Sabtu, 18 Juli 2020 menghadirkan penampilan dari musisi seperti Rio Febrian, Frau, hingga Langit Sore.

Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia menyebutkan ketiga musisi tersebut dipilih dengan berbagai pertimbangan lokasi diadakan acara. "Kita tahu Frau, musisi indie yang juga punya basis penggemar yang kuat. Sedangkan Langit Sore dengan hits-hitsnya yang menarik penonton," kata Anas Syahrul Alimi, dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/7).

"Sengaja kita pilih artis yang ada di Jogja karena secara akomodasi agak ribet kalau membawa artis dari luar Jogja sekarang ini," tambah Syahrul Alimi.

Dalam pelaksanaanya, penyelenggaraan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Gugus Tugas COVID-19 wilayah Yogyakarta. Prambanan Jazz Online memastikan menjalani protokol kesehatan secara ketat bagi seluruh penampil dan tim produksi di lokasi konser. "Diadakan tanpa penonton dengan standar kesehatan yang ketat," kata Anas.

Digelarnya Prambanan Jazz Online bertujuan mengairahkan kembali industri Musik Indonesia yang terdampak akibat adanya pandemi virus corona. "Kita lihat selama ini dari sisi bisnis industri yang masih tertutup dari Musik terutama di konser. Kami berharap teman-teman industri kreatif bisa berkreativitas dan direspon," pungkas Anas Syahrul Alimi.

Prambanan Jazz Online dapat disaksikan melalui aplikasi iKonser, Channel UseeTV iKonser, dan aplikasi UseeTV GO. Namun bagi mereka yang sebelumnya telah membeli tiket Prambanan Jazz Festival 2020, akan diberikan link secara gratis oleh penyelenggara.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait