Togar Situmorang Sindir Hotman Paris Hutapea, Hidup Sehat Tanpa Dugem

Vallesca Souisa | 15 Maret 2021 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengacara Togar Situmorang yang kini berdomisili di Bali dan sukses memiliki beberapa cabang law firm di Indonesia, baru-baru ini menyindir Hotman Paris Hutapes,saat diwawancarai awak media. Duh, gimana ini sama-sama pengacara kondang, disindir. "Kalau advokat Hotman Paris Hutapea kan suka berenang dan jogging kalau advokat Togar Situmorang suka nge-Gym dan berenang serta hidup sehat, tanpa dugem", tuturnya.

Togar yang dalam waktu dekat akan merampungkan desertasi program Doktor Ilmu Hukum ini  mengungkap punya tips tersendiri dalam menjaga gaya hidupnya, di tengah kepadatan pekerjaan. Salah satunya, rajin minum air kelapa. “Minum air kelapa bikin badan kita semakin sehat. Salah satunya meningkatkan sistem kekebalam tubuh,” ungkap Togar. Selain itu, Toga juga berbagi beberapa tips lainnya dalam menjaga kesehatan. 

1. Pikiran Positif

Pepatah lama mengatakan bahwa pikiranmu mengontrol tubuhmu. Hal inilah yang sangat dijunjung tinggi oleh Togar. Ia selalu menyempatkan diri bermeditasi dan menjaga pikirannya agar selalu positif. Kesehatan jiwa dan pikiran menjadi hal pertama yang wajib dijaga karena inilah pusat dari segala aktivitas manusia.

2. Banyak Minum Air Putih

Advokat yang mau maju ke DKI Jakarta 1 atau bakal calon gubernur ini juga selalu mengonsumsi banyak air putih agar tetap terhidrasi. Togar percaya bahwa mengonsumsi air putih sebanyak 1/32 dari berat badan adalah hal yang benar serta sangat bermanfaat. Berat badan Togar Situmorang sekitar 88 kg, maka dia mengonsumsi air putih setiap hari sekitar 3,1 liter. Air putih memang sangat penting untuk hidrasi dan menjaga fungsi segala organ tubuh serta memperlancar metabolisme.

3. Makanan Sehat

Untuk makanan, Togar terbilang sangat pemilih. Ya, dia sangat memperhatikan apa yang dia konsumsi. Togar Situmorang sangat menghindari gula putih, tepung putih, MSG, dan produk susu. Dia juga anti-kafein dan tak makan makanan yang menyebabkan panas dalam. 

Tak hanya itu, Togar juga mengatakan bahwa ia tak makan tomat, paprika, jamur, terong.  Ia hanya membeli sayuran organik dan yang paling segar. “Jika bukan organik, saya tak akan mengkonsumsinya. Tomat juga mungkin hanya saya masak sebulan sekali,” ucapnya. 

Togar tak minum soda dan minuman energi. Bahkan, sereal, kentang, nasi, dan roti juga pantang dimakan oleh Pengacara handal ini. “Saya makan banyak sayur, mengonsumsi vitamin C dan D, Zinc, banyak protein, dan tak makan-makanan manis, tidak makan nasi atau daging apalagi seafood,” ujar Togar. 

4. Olahraga Teratur

Seperti dilansir dari kanal YouTube Togar Situmorang, ia juga rutin berolahraga. Togar memberikan tips olahraga sederhana, yakni olahraga setiap hari walau ringan.  “Gym adalah olah raga yang paling saya gemarin dari  usia 27 tahun. Seminggu minimal 3 kali ke tempat kebugaran, selain berenang di setiap hari minggu sehabis Kebaktian Minggu pagi. Yang penting adalah bergerak, olah tubuh gerak ringan,” ucapnya. 

5. Tidur

Jika empat hal di atas telah dilakukan, maka hal terakhir yang wajib dilakukan adalah tidur. Tidur yang cukup bakal membuat tubuh bugar. Disiplin menjaga kesehatan menjadi keharusan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. 
Melihat pandemi yang belum berakhir, Togar  juga berpesan agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan di setiap aktivitas. “Pakai masker dan jaga jarak tetap harus dilakukan, juga harus sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” tutup Togar. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait