Profil 12 Anak Luar Biasa di Panggung DAI Spesial Indonesia 2021 iNews

Ari Kurniawan | 16 April 2021 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selama Ramadhan, iNews menghadirkan program DAI Spesial Indonesia 2021. Program pencarian bakat pendakwah cilik dikhususkan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus dari berbagai provinsi di Indonesia. Akhirnya terpilih 12 anak luar biasa dengan kemampuan berdakwah sekaligus penguasaan bacaan Alquran dengan teknik hafalan yang baik.

12 anak luar biasa peserta DAI Spesial Indonesia 2021 bersama juri, di antaranya Ustaz Taufiqurrohman atau Ustaz Pantun, Ustaz Maulana dan Ustaz K.H. Fikri Haikal MZ, dan dipandu oleh host Fadli Akhmad. DAI Spesial Indonesia 2021 tayang setiap hari selama Ramadhan, pukul 15.30 WIB dan 03.30 WIB.

Berikut profil singkat 12 peserta DAI Spesial Indonesia 2021:

1.    M. Raisa Abdi Perdana

M. Raisa Abdi Perdana merupakan peserta berusia 12 tahun asal Jakarta. Dana, akrab disapa, berlatih dengan cara mendengarkan murotal setiap hari yang diajarkan oleh sang ayah. Berkat kegigihannya, Dana saat ini sudah menghafal Al Quran juz 30, 12 dan 26. Awalnya, ibunda tidak bisa menerima keadaan Dana, akan tetapi Dana tumbuh tidak seperti yang ibunya takutkan. 

2.    Alana Ragil Prasetyo

Akrab dipanggil Alana, peserta asal Banjarnegara ini sudah hafal 10 juz Al Quran. Bocah usia 12 tahun ini berhasil menjuarai kompetisi diantaranya kompetisi Musabaqah di Padang dan lomba yang diadakan stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu. Sejak umur 3 tahun, Alana sudah diajarkan sang ibu yang berprofesi sebagai pedangang untuk membaca Al Quran. Alhasil ketika di usia 5 tahun, ia mampu menghafal 2 juz.  

3.    Dion Saputra

Peserta asal Bau-Bau Sulawesi Tenggara ini menghafal Al Quran berkat bimbingan guru agama di kampungnya. Dion yang berusia 14 tahun ini mendapat dukungan oleh Pemda asalnya untuk berlatih di pesantren mempersiapkan kompetisi DAI Spesial Indonesia. Dion mampu membuktikan kemampuan dirinya walaupun dalam keadaan fisik yang tidak sempurna dan dibesarkan dari keluarga kurang mampu.

4.    Gantini Putri

Gadis cantik dan manis berusia 12 tahun yang berasal dari Ciamis ini pernah mengikuti beberapa lomba mengaji. Sejak usia 5 tahun, Putri sudah belajar Al Quran dengan mendengarkan melalui Al Quran digital yang diputarkan sang ibunda. Putri merupakan anak kedua, Ia bercita-cita menjadi seorang ustazah. Semangat Putri untuk belajar mengaji dibuktikan dirinya sampai rela berjalan kaki menempuh jarak 2 kilometer.

5.    Sherin Arzia

Sherin Arzia yang akrab disapa Pinky atau Honey merupakan gadis ceria yang bercita-cita menjadi seorang pendakwah. Sherin yang sangat menyukai warna pink ini beberapa kali mengikuti kompetisi mendakwah dan mendongeng mulai dari tingkat sekolah sampai nasional. Sherin tumbuh dibesarkan sendiri oleh ibunya dengan penuh kasih sayang, anak yang ceria dan disukai banyak orang.

6.    Eko Kempot

Memiliki nama lengkap Eko Wahyu Marsono, berasal dari Boyolali berumur 11 tahun. Anak tunggal yang memiliki cita-cita mulia sebagai penghafal Al Quran. Eko memiliki motivasi membahagiakan kedua orang tua, dan ingin membawa bangga serta daerah asalnya, Kabupaten Boyolali.

7. Nuriyah Syakila

Nuriyah Syakila biasa dipanggil Kaila merupakan gadis cantik berumur 13 tahun. Kaila pernah mengikuti beberapa lomba musabaqah. Berkat ketekunannya, ia mampu menghafal Al Quran 30 juz. Kaila adalah putri pertama dari tiga bersaudara. Harapan mulia Kaila ingin menjadi dosen, ustazah dan penghafal Quran. Kaila ingin memotivasi anak Indonesia supaya cinta Al Quran. 

8. Faiz Naufal Hanif

Faiz Naufal Hanif berasal dari Kota Dumai Riau berusia 12 tahun. Memiliki banyak prestasi dan pernah mengikuti lomba nyanyi, lomba catur, dan juga lomba musabaqah tilawatil Quran. Yang membuat Faiz ingin mengikuti kompetisi DAI Spesial Indonesia karena ia memiliki cita-cita ingin menjadi DAI. Sejak kecil Faiz hanya hidup berdua dengan ibunda tercinta. 

9. Syifa Nadiva 

Syifa Nadiva adalah gadis penghafal Al Quran 30 Juz berusia 13 tahun. Berasal dari Kota Malang, Syifa tumbuh menjadi gadis pemberani berkat sekolah serta dididik oleh guru yang baik dan sangat menyayangi Syifa. 

10. Ahmad Syihad

Berasal dari Kota Wisata Batu, Ahmad Syihad berusia 13 tahun ini memiliki keistimewaan sebagai penghafal Al Quran 20 juz. 

11. M. Kareem Arasyid

Peserta dari Banjar dengan nama lengkap Muhammad Kareem Arasyid. Kareem yang berusia 9 tahun ini terlahir sebagai anak yang pintar, anak yang selalu ingin mencari tahu dan selalu ingin belajar. Kareem memiliki cita-cita mulia yaitu ingin menjadi seorang ustaz.

12. Rifqy dan Rizky

Terakhir, si kembar M. Rifqy Fanura dan M. Rizky Fanura berhasil mencuri perhatian pemirsa. Mereka yang berusia 14 tahun memiliki perbedaan waktu lahir hanya 3 menit Keduanya sempat divonis tidak bisa diselamatkan. Tapi Allah berkata lain, mereka tumbuh besar memiliki kemampuan agama yang luar biasa.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait