Sutradara Sun Children, Majid Majidi Bocorkan Sisi Lain Karyanya di Iranian Film Festival

Ari Kurniawan | 5 Mei 2021 | 23:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi, hadir di pembukaan Iranian Film Festival, yang diselenggarakan Klik Film sejak tanggal 5 sampai 20 Mari 2021. Pada saat bersamaan, film klarya Majid Majidi yang masuk dalam daftar nominasi Oscar 2021 berjudul Wun Children juga menjadi film pembuka di event ini.

Majid Majidi hadir sebagai narasumber, didampingi oleh moderator Riri Riza. Dalam acara tersebut, Majid Majidi mengakui kalau dirinya senang Iranian Film Festival digelar Klik Film yang notabenenya berasal dari Indonesia. Pasalnya, ia merasakan Indonesia dan Iran memiliki kesamaan.

“Pertana-tama saya ingin mengucapkan salam, kepada semua penonton Iranian Film Festival di Klik Film, dan Indonsesia itu salah satu negara yang sangat saya suka dan satu negara yang mirip dengan Iran dengan mayoritas penduduknya beragama muslim dan saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar sutradara kelahiran 17 April 1959 ini.

Di balik film-film Majid Majidi seperti Children Of Heaven yang memenangkan Academy Award 1998 untuk kategori Film Asing Terbaik, The Song Of Sparrows dan Sun Children yang selalu mengangkat anak kecil, Majid memiliki sebuah pandangan yang mulia pada anak-anak.

“Saya melihat, anak-anak disebuah negara itu bisa membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut. Anak-anak adalah harta yang penting sekali bagi kita semua karenanya saya membuat film yang ada relationshipnya dengan anak-anak agar bisa fokus mengangkat anak-anak di satu negara, tidak hanya di negara saya saja melainkan di seluruh dunia. Saat ini ada sekitar 150 Juta anak anak yang dimanfaatkan untuk berkerja keras di masa kecilnya. Itu sebabnya saya ingin fakus membuat film-film terkait anak,agar suara mereka ini bisa didengarkan di seluruh dunia,” ungkapnya.

“Semua karya saya melalui anak-anak, saya gambarkan bahwa seorang anak tak akan pernah berhenti untuk sesuatu yang lebih baik.  Demikian pula dengan segala pikiran seorang anak tentunya kebaikan,semua film saya selalu memperlihatkan bahwa disitu selalu ada harapan, keinginan, karakter itu selalu berusaha dan tak mau berhenti sampai mencapai tujuannya dan keinginannya. Kebersihan dan kejujuran hati anak-anak. Di film Sun Children, dikatakannya bahwa para pemainnya adalah murni anak-anak yang memang betul mengalami kesulitan hidup, hidup di perempatan jalan misalnya. Penting sekali untuk seluruh dunia bisa melihat pesan ini, kejujuran dan kebersihan hati,” tambahnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait