1 Bulan Tayang Susah Payah Tembus 10 Besar Rating, Mengapa SCTV Belum Menamatkan Keajaiban Cinta?

Indra Kurniawan | 24 Juni 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hari ini, 24 Juni 2021, genap 1 bulan 2 sinetron baru SCTV mengudara. Hasilnya, dari segi rating Badai Pasti Berlalu unggul dari Keajaiban Cinta.

Kehadiran Badai Pasti Berlalu dan Keajaiban Cinta menjadi harapan baru di tengah sulitnya sinetron-sinetron SCTV produksi Sinemart bersaing dengan sinetron Ikatan Cinta RCTI. Anak Band menjadi sinetron terakhir SCTV yang memuncaki tangga rating sebelum akhirnya dikudeta Ikatan Cinta.

Di awal-awal, Badai Pasti Berlalu sempat memunculkan optimisme, menyusul raihan ratingnya yang berada di posisi 3 besar. Sayang, tidak bertahan lama. Jangankan untuk bersaing dengan Ikatan Cinta, Badai Pasti Berlalu malah harus berjibaku dengan saudara kandung sendiri, Buku Harian Seorang Istri menjadi program nomor 1 SCTV.

Dari segi pemain, dibanding Buku Harian Seorang Istri, Badai Pasti Berlalu diisi bintang-bintang papan atas yang memiliki jutaan pengikut Instagram. Tiga bintang utama Badai Pasti Berlalu: Stefan William, Immanuel Caesar Hito, dan Michelle Ziudith, jika ditotal memiliki 20,8 juta pengikut Instagram.

Bandingkan dengan Buku Harian Seorang Istri, setengahnya saja tidak sampai. Namun jumlah pengikut Instagram seabrek lagi-lagi membuktikan bukan jaminan. Keterikatan pemirsa dengan cerita Buku Harian Seorang Istri tampaknya sulit lepas begitu saja.

Nasib Keajaiban Cinta lebih miris. Menggantikan Samudra Cinta yang ditamatkan setelah 17 bulan tayang, Keajaiban Cinta tampaknya gagal menunjukkan hasil menggembirakan. Naasnya, capaian ratingnya beberapa episode terakhir di bawah angka 2 dan keluar dari 10 besar daftar rating tv.

Yang mengherankan, tak ada tanda-tanda dari SCTV melengserkan Keajaiban Cinta untuk diganti sinetron lain. Sinemart sendiri padahal punya banyak stok sinetron baru yang menunggu giliran untuk tayang. Di antaranya 17+, Cinta Amara, Penjaga Cinta, Senandung Lara, dan My Love My Enemy.

Menilik ke belakang, sinetron-sinetron Sinemart yang kurang menunjukkan performa rating bagus selalu ditamatkan oleh SCTV. Malah beberapa di antaranya belum genap 1 bulan tayang. Tapi kenapa Keajaiban Cinta belum? Apalagi berat untuk Aliando dkk bersaing dengan Amanah Wali 5 yang tayang berbarengan.

Aliando sendiri terpantau tabloidbintang.com dari Instagramnya, tak pernah sekalipun mempromosikan atau mengajak 14 juta pengikut Instagramnya untuk nonton Keajaiban Cinta. Entah apa alasannya. Walau cukup lama rehat, Aliando sebetulnya masih punya banyak penggemar fanatik yang setia menunggu karya-karyanya.

Sitha Marino saja lumayan rajin melakukan promo di Insta Story Instagramnya. Begitu pula pemain lainnya seperti Erdin Werdrayana, Atalarik Syah, dan Cut Keke. Walau jumlah pengikut Instagram mereka tidak sebanyak Aliando namun melakukan promo tampaknya sudah menjadi kesadaran untuk karya mereka sendiri. Jadi, bagaimana SCTV?

(ind)

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait