2 Tim Liga Premier Inggris Ini Dipastikan Turun Kasta, Leeds United Menyusul?

Indra Kurniawan | 12 Mei 2022 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Di tengah sengitnya perburuan gelar juara antara Manchester City dan Liverpool, dua tim Liga Premier Inggris dipastikan turun kasta ke divisi Championship.

Norwich City terdegradasi lebih dulu usai kalah 0-2 dari Aston Villa di pekan ke-34. Bermodal 21 poin dari 34 pekan, mereka tak bisa mengejar selisih 13 poin dengan Leeds United di urutan 17.

Ini berarti Norwich cuma bertahan semusim di Liga Premier Inggris setelah promosi pada musim ini. Mereka naik ke level teratas usai menjuarai Championship 2020-2021.

Ini kali keempat mereka tak mampu bertahan lebih dari satu musim di Liga Premier Inggris. Tiga penampilan mereka sebelumnya selalu berakhir dengan degradasi, yakni pada musim 2013/2014, 2015/2016, dan 2019/2020.

Tim kedua yang turun kasta adalah Watford. Mereka resmi degradasi dari Liga Premier Inggris musim ini setelah kalah 0-1 dari Crystal Palace di Selhurst Park pada akhir pekan lalu.

Terpuruk di posisi ke-19 dengan 22 poin dari 35 laga, Watford tak mungkin lagi bisa mengejar poin tim di atasnya. Sama seperti Norwich, Watford hanya bertahan satu musim di Liga Premier Inggris usai promosi dari divisi Championship musim lalu.

Tempat Norwich dan Watford di Liga musim depan digantikan Fulham dan Bournemouth sebagai juara dan runner up. Sedang satu tiket tersisa akan diperebutkan empat tim lewat babak playoff.

Sementara itu satu tim lainnya yang terdegradasi dari Liga Premier Inggris tampaknya baru akan ketahuan di pekan ke-38. Empat tim masih berjuang untuk bertahan di Liga. Mereka adalah Southampton (15), Everton (16), Burnley (17), dan Leeds United (18).

Leeds dalam posisi paling berbahaya. Mengumpulkan 34 poin, mereka wajib memenangi 2 sisa laga terakhir melawan Brighton dan Brentford, dengan harapan Everton dan Burnley terpeleset.

Namun rasanya itu jauh panggang dari api. Everton dan Burnley yang mengantongi satu laga lebih banyak tentu juga akan habis-habisan di sisa musim. Leeds tampaknya akan menyusul Norwich dan Watford ke divisi Championship.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait