Program Religi Paling Banyak Ditonton Versi KPI

Abdul Rahman Syaukani | 16 Desember 2015 | 18:13 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berbeda dari refleksi akhir tahun pada 2014 lalu, refleksi akhir kali ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis hasil survei.

Di tahun 2015 ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) membuat terobosan baru di dalam mengukur kualitas program.

Yaitu dengan melakukan survei dengan menggandeng Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan sejumlah perguruan tinggi.

Dari hasil survei, diperoleh data program religi paling banyak ditonton.

Adalah program religi Mamah dan Aa Indosiar berada pada urutan pertama dengan persentase 44,70 persen. Lalu disusul Indahnya Kebersamaan SCTV 35,00.

Di urutan ketiga ada program Cahaya Hati ANTV yang berhasil meraih penonton sebanyak 25,80 persen, Risalah Net TV 20,80 dan Kata Ustadz Solmed SCTV sebanyak 18,40 persen.

Jumlah penonton tidak mengacu pada data Nielsen. Orang-orang yang disurvei adalah mereka yang memenuhi kriteria kualitas.

"(Beda) Enggak masalah. Kita tidak ingin head to head sama Nielsen, kita hanya saling melengkapi," ungkap Bekti Nugroso selaku Koordinator Survei KPI, kepada Tabloidbintang.com.

"Nielsen adalah perusahaan komersial, bisnis, sementara KPI bukan komersial. Kepentingannya adalah kepentingan ideal," imbuhnya.
 

(man/ray)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait