"Surga Yang Tak Dirindukan 2" Jadi Film Indonesia Pertama Yang Tembus 1 Juta Penonton Tahun Ini

Wayan Diananto | 4 Maret 2017 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu film yang paling diantisipasi sejak tahun lalu akhirnya mengguncang bioskop. Surga Yang Tak Dirindukan 2 (SYTD2) dalam hitungan hari melipatgandakan layar berikut jumlah penonton.

Di hari pertama penayangan di bioskop, film rilisan MD Pictures itu mengumpulkan 105 ribu penonton lebih. Jumlah itu terus menggulung. Akhir pekan lalu, Surga menyentuh 1,136 juta penonton. Kisah sukses ini masih akan terus berlanjut.

Hingga Rabu (22/2) Surga menguasai 159 layar di jaringan bioskop XXI. Jika ditambah dengan layar dari jaringan bioskop lain, produser MD Pictures, Manoj Punjabi mengklaim filmnya merajai 200 layar lebih.

Sementara jumlah penonton hingga Rabu (22/2) sudah melewati 1,250 juta orang. Sukses Surga membuktikan drama berbasis religi masih diminati. Asal dibekali naskah yang rapi, konflik menarik, permainan emosi, dan pemain jempolan.

“Saya ingat saat mengumumkan jilid kedua Surga, ada beberapa pihak bertanya begini: tren sedang mengarah ke komedi, kok berani-beraninya membuat film drama lagi? Terakhir, mana ada drama religi yang sukses di bioskop? Genre drama, hampir tidak ada,” beri tahu Manoj di MD Place Setiabudi, Jakarta, Rabu (22/2). 

Ia kemudian teringat bagaimana jilid pertama Surga membuat kejutan dua tahun silam. Tayang berbarengan dengan Comic 8: Casino Kings part 1, Surga kalah telak di hari pertama perilisan. Ia hanya mengantongi 27 ribu penonton sementara Comic 8 memimpin persaingan dengan 60 ribu orang lebih. Setelah Lebaran lewat, Laudya Cynthia Bella dan kawan-kawan melakukan aksi menyalip di tikungan. 

Surga menjadi yang terlaris dengan 1,5 juta penonton sementara Comic 8 berakhir di level 1,2 jutaan. Salah satu pemain Surga, Raline Shah, sejak awal optimistis kesuksesan jilid pertama Surga bakal terulang lagi. Indikasinya bukan hanya dari jumlah penonton di hari pertama. Menurutnya, jilid kedua Surga memberikan banyak kejutan.

“Khususnya dari segi perkembangan karakter. Meirose, misalnya. Di sekuel Surga, ia amat menginspirasi, kondisi kejiwaannya jauh lebih stabil, dan independen. Pemikirannya sangat positif. Makanya saya katakan, insya Allah film ini akan laku. Jika publik menyukai Surga jilid pertama, kemungkinan besar akan suka yang kedua. Selain itu ada beberapa adegan yang berpotensi membuat penonton berlinang,” ujar Raline kepada Bintang.

 

(wyn/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait