Tanggapan Hanin Dhiya Atas Peringatan Payung Teduh

Agestia Jatilarasati | 29 Oktober 2017 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain menganggap sebagai bentuk pelarangan cover “Akad”, banyak warganet menduga video Is ditujukan untuk penyanyi pendatang baru Hanin Dhiya.

Seperti diketahui, Hanin rutin membuat cover lagu. Respons warganet terhadap cover buatan Hanin sangat tinggi.  

“Asal kau Bahagia” misalnya, ditonton lebih dari 38 juta kali dalam setengah tahun. Cover “Akad” lebih gila lagi, ditonton 39 juta kali dalam sebulan. Sementara video musik “Akad” versi Payung Teduh hanya 32 juta kali.

Hanin Dhiya menanggapi tudingan tersebut.

Setahu Hanin, video musik “Akad” sudah dirilis di YouTube namun ditarik karena masalah foto. Setelah direvisi dan diunggah ulang, otomatis jumlah penonton mulai dari nol lagi. Sementara viewers video cover Hanin kala itu terus melaju, mencapai belasan juta. 

“Bisa jadi, selama video musik itu ditarik orang larinya ke video cover saya. Ketika Mas Is mengunggah video peringatan di Instagram, orang baru menyadari jumlah viewers video saya lebih banyak. Beberapa orang mungkin berkata, 'Wah, Hanin licik nih. Dia menyanyikan lagu orang lain tapi malah dia yang lebih populer.' Orang tahunya 'Akad' lagu Hanin sementara saya tidak pernah mengklaim seperti itu,” cerita Hanin di kantor Warner Music Indonesia, Jakarta.

Sebelum Is mengunggah video peringatan, manajemen Hanin sudah mencoba menghubungi pihak Payung Teduh. Kala itu, pihak Payung Teduh mengatakan kalau sekadar cover lagu, tidak masalah. Menjadi masalah, jika cover lagu itu dijual di Spotify atau iTunes. 

“Pelaku (jual beli cover 'Akad') bukan saya. Saya sudah punya dua single sendiri untuk dijual di situs digital yakni 'Darling' dan 'Kau Yang Sembunyi'. Jadi kenapa mesti jualan lagu orang tanpa izin? Kalau saya menjadi tertuduh pertama, bisa jadi karena cover versi saya jumlah viewers-nya jutaaan. Wajar sih,” cetus alumni Rising Star Indonesia musim pertama.

Hanin Dhiya memastikan, video Is tidak akan memadamkan semangatnya untuk membuat cover lagu.

“Kalau saya berhenti bikin cover lagu, masyarakat akan menduga memang saya yang salah makanya mandek berkreasi di YouTube,” tukas penggemar Raisa dan Celine Dion itu.

 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait